Ketua MPR Berharap Pemerintah Tutup Akses Masuk dari Luar Negeri Demi Cegah Virus Corona

Ketua MPR Berharap Pemerintah Tutup Akses Masuk dari Luar Negeri Demi Cegah Virus Corona
Bambang Soesatyo. ( Foto: Antara / Nova Wahyudi )
Carlos KY Paath / JAS Sabtu, 14 Maret 2020 | 22:17 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap pemerintah menutup akses masuk dari luar negeri ke Indonesia. Bamsoet menyatakan Indonesia harus ikut bertanggung jawab menanggulangi wabah virus corona atau Covid-19. Menyusul telah ditetapkannya virus corona sebagai pandemik global.

“Saya sepakat bahwa tindakan yang diambil adalah untuk menutup akses masuk dari luar negeri, mengingat sebagian kasus di Indonesia merupakan kasus imported cases atau penularan yang terjadi di luar negeri,” kata Ketua MPR, Sabtu (14/3/2020).

Ketua MPR juga mendukung apabila pemerintah mengambil sikap untuk menunda atau membatalkan pertemuan yang melibatkan orang banyak. Pasalnya penyebaran virus corona atau Covid-19 sangat masif. Penundaan pertemuan dengan massa besar sangat penting guna memotong rantai penyebaran.

Ketua MPR pun meminta pemerintah mengundang praktisi, komunitas akademisi dari perguruan tinggi dan para dokter atau ahli medis untuk menyamakan langkah dalam upaya pencegahan dan penanganan virus corona.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk tetap waspada serta agar mengikuti protokol kesehatan apabila berada di tempat umum seperti di mal, stasiun kereta, terminal maupun bandara,” ungkap Ketua MPR.