Kompetensi Guru Ditingkatkan Hadapi Abad ke-21

Kompetensi Guru Ditingkatkan Hadapi Abad ke-21
Ilustrasi belajar mengajar di sekolah. ( Foto: Antara )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Minggu, 15 Maret 2020 | 20:47 WIB

Yogyakarta, Beritasatu.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) turut memajukan dunia pendidikan di Indonesia dengan memberi pelatihan guru sekolah binaan perusahaan di Yogyakarta. Kegiatan hasil kerja sama Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Gunung Kidul ini dalam rangka membekali guru menghadapi pembelajaran abad ke-21 yang menerapkan teknik pembelajaran inkuiri.

"Perkembangan abad ke-21 turut mempengaruhi sistem pendidikan di Indonesia," kata Kepala Pengembangan Bisnis Cabang BCA KCU Yogyakarta Wahyu Hariatmanto dalam keterangan yang diterima redaksi Minggu (15/3/2020).

Wahyu mengatakan, pembelajaran abad ke-21 sangat mengandalkan interaksi efektif di ruang kelas, dengan metode pembelajaran yang menarik dan bermakna, atau dikenal 4C competences, yakni communication (komunikasi), collaborative (lolaborasi), critical thinking (berpikir kritis), dan creativity and innovation (kreatif dan inovasi). "Pengajaran dengan 4C competences di kelas mendorong siswa mampu mencapai kompetensi yang diharapkan," kata Wahyu.

Selain itu kata dia, melalui pelatihan ini diharapkan guru dapat memanfaatkan media teknologi yang sudah berkembang sehingga dapat mendukung dan memberikan pengalaman berharga bagi guru dan siswa untuk menemukan metode pembelajaran yang efektif. "Melalui program CSR Bakti BCA, pelatihan diharapkan memberikan wawasan yang menjadi bekal untuk menjadi tenaga didik yang optimal dalam mengimplementasikan pendidikan yang berkualitas," kata Wahyu.

Dia mengatakan kurikulum sekolah yang mengusung metode pembelajaran inkuiri menuntut siswa lebih aktif. Hal ini menjadi tantangan bagi tenaga didik di Indonesia. "Oleh karena itu, BCA akan memberikan edukasi dan solusi praktikal untuk para guru, sehingga dapat meningkatkan keterampilan mengajar yang sesuai dengan standar pendidikan di Indonesia," tambah Wahyu.

Kepedulian terhadap tenaga pendidik di Indonesia merupakan bagian upaya BCA untuk membantu masyarakat lokal berkembang. Kesinambungan sebuah program pemberdayaan yang dilakukan BCA tidak lepas dari upaya untuk mewariskan value dan keutamaan sebagai agen perubahan sejak dini.



Sumber: BeritaSatu.com