Logo BeritaSatu

Pertamina Kejar Digitalisasi Maksimalkan Bisnis Hilir

Senin, 16 Maret 2020 | 10:48 WIB
Oleh : Fuska Sani Evani / JEM

Yogyakarta, Beritasatu.com - Untuk memaksimalkan bisnis di bidang hilir, PT Pertamina (Persero) berinovasi dalam teknologi di era digitalisasi saat ini. Beberapa contoh inovasi pengembangan bisnis hilir mulai dari digitalisasi SPBU, aplikasi My Pertamina hingga pengelolaan sosial media yang saat ini salah satu platformnya yaitu Instagram memiliki jumlah follower sebanyak 500 ribu.

Manager Media Communication PT Pertamina (Persero), Heppy Wulansari, dalam acara ‘Nongkrong Bareng Pertamina- NoBaper’ yang diselenggarakan Pertamina MOR IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogya bertempat di Sinergi co-working space, Kota Yogyakarta Jumat (13/03/2020) mengatakan, inovasi di bidang teknologi dan digitalisasi menjadi salah satu kekuatan dalam menjalankan bisnis energi di Indonesia.

Menurutnya, melalui platform media sosial PT Pertamina dapat menjangkau stakeholder dan konsumen hingga ke pelosok bahkan ke lokasi yang jauh dari titik SPBU.

“Karena adanya sosial media, mereka dapat berinteraksi dengan Pertamina dan kami dapat memberikan solusi ketersediaan energi disana. Program tersebut dinamakan BBM satu harga,” ujar Heppy.

Institusi atau perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan era digitalisasi pasti perlahan akan ditinggalkan oleh stakeholder atau konsumennya. Bahkan sebagai BUMN, Pertamina memiliki tanggung jawab penuh terhadap keberlangsungan energi di Indonesia.

“Inovasi-inovasi teknologi dan digitalisasi terus kita lakukan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi,” ungkap Heppy.

PT Pertamina (Persero) juga senantiasa akan memberikan informasi terkait kinerja perusahaan melalui berbagai platform media digital maupun konvensional. Jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui website www.pertamina.com.

Inovasi pengembangan bis­nis hilir meliputi digitalisasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), aplikasi My Pertamina.
Heppy mencontohkan dengan teknologi digital, juga sebagai upaya untuk melakukan pengawasan dapat berjalan lebih maksimal seperti dapat mengetahui ada tidaknya kebocoran, dan kemungkinan lain seperti hal yang terjadi di luar kewajaran.

Selain Heppy, Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan Pertamina memegang peranan penting dalam keberlangsungan energi di Indonesia mulai dari sektor hulu hingga hilir.

Komaidi menyebutkan saat ini kondisi produksi dan konsumsi migas di Asia Pasifik berbanding cukup jauh yakni produksi migas di Asia Pasifik mengambil porsi hanya 30 persen sedangkan konsumsinya 60 persen begitu pula produksi minyak di Indonesia hanya berkisar di angka 800 ribu barel sedangkan konsumsi berada di angka 1,6 juta barel.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sesuai Agenda, KPK Jadwalkan Periksa Lukas Enembe Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tersisa 33

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 33 orang

NEWS | 26 September 2022

Sidang Etik Ipda Arsyad Daiva Dilanjutkan Hari Ini

Polri akan melanjutkan sidang etik mantan Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Jaksel, Ipda Arsyad Daiva Gunawan pada hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Relawan Tegaskan Komitmen Usung Anies dengan Cara Etis

Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan menegaskan akan mengusung Anies pada Pilpres 2024 dengan cara-cara yang etis.

NEWS | 26 September 2022

Rencana Penculikan Menteri Kehakiman Belgia, 4 Orang Ditangkap

Polisi telah menangkap empat orang tersangka terkait rencana penculikan menteri kehakiman Belgia pada akhir pekan kemarin.

NEWS | 26 September 2022

Dedi Mulyadi Kirim Pesan Menyayat Hati Jelang Sidang Cerai

Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menyampaikan sebuah pesan "menyayat hati" menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Anne Ratna Mustika.

NEWS | 26 September 2022

BMKG: Awal Pekan, Cuaca Jakarta Bakal Cerah Berawan

BMKG memprakirakan cuaca Jakarta pada hari ini, Senin (26/9/2022), akan cerah berawan hingga berawan.

NEWS | 26 September 2022

Visa Dikeluhkan Jokowi, Imigrasi Bentuk Satgas Kepatuhan

Dirjen Imigrasi segera membentuk Satgas Kepatuhan guna mempercepat proses pembuatan visa usai dikeluhkan oleh Presiden Jokowi.

NEWS | 26 September 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 25 September 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 25 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 25 September 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 25 September 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 25 September 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjungkal 1%

Baru Dibuka, IHSG Langsung Terjungkal 1%

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings