Pertamina Kejar Digitalisasi Maksimalkan Bisnis Hilir
Logo BeritaSatu

Pertamina Kejar Digitalisasi Maksimalkan Bisnis Hilir

Senin, 16 Maret 2020 | 10:48 WIB
Oleh : Fuska Sani Evani / JEM

Yogyakarta, Beritasatu.com - Untuk memaksimalkan bisnis di bidang hilir, PT Pertamina (Persero) berinovasi dalam teknologi di era digitalisasi saat ini. Beberapa contoh inovasi pengembangan bisnis hilir mulai dari digitalisasi SPBU, aplikasi My Pertamina hingga pengelolaan sosial media yang saat ini salah satu platformnya yaitu Instagram memiliki jumlah follower sebanyak 500 ribu.

Manager Media Communication PT Pertamina (Persero), Heppy Wulansari, dalam acara ‘Nongkrong Bareng Pertamina- NoBaper’ yang diselenggarakan Pertamina MOR IV wilayah Jawa Tengah dan DI Yogya bertempat di Sinergi co-working space, Kota Yogyakarta Jumat (13/03/2020) mengatakan, inovasi di bidang teknologi dan digitalisasi menjadi salah satu kekuatan dalam menjalankan bisnis energi di Indonesia.

Menurutnya, melalui platform media sosial PT Pertamina dapat menjangkau stakeholder dan konsumen hingga ke pelosok bahkan ke lokasi yang jauh dari titik SPBU.

“Karena adanya sosial media, mereka dapat berinteraksi dengan Pertamina dan kami dapat memberikan solusi ketersediaan energi disana. Program tersebut dinamakan BBM satu harga,” ujar Heppy.

Institusi atau perusahaan yang tidak mengikuti perkembangan era digitalisasi pasti perlahan akan ditinggalkan oleh stakeholder atau konsumennya. Bahkan sebagai BUMN, Pertamina memiliki tanggung jawab penuh terhadap keberlangsungan energi di Indonesia.

“Inovasi-inovasi teknologi dan digitalisasi terus kita lakukan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi,” ungkap Heppy.

PT Pertamina (Persero) juga senantiasa akan memberikan informasi terkait kinerja perusahaan melalui berbagai platform media digital maupun konvensional. Jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui website www.pertamina.com.

Inovasi pengembangan bis­nis hilir meliputi digitalisasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU), aplikasi My Pertamina.
Heppy mencontohkan dengan teknologi digital, juga sebagai upaya untuk melakukan pengawasan dapat berjalan lebih maksimal seperti dapat mengetahui ada tidaknya kebocoran, dan kemungkinan lain seperti hal yang terjadi di luar kewajaran.

Selain Heppy, Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro yang hadir dalam kesempatan tersebut mengatakan Pertamina memegang peranan penting dalam keberlangsungan energi di Indonesia mulai dari sektor hulu hingga hilir.

Komaidi menyebutkan saat ini kondisi produksi dan konsumsi migas di Asia Pasifik berbanding cukup jauh yakni produksi migas di Asia Pasifik mengambil porsi hanya 30 persen sedangkan konsumsinya 60 persen begitu pula produksi minyak di Indonesia hanya berkisar di angka 800 ribu barel sedangkan konsumsi berada di angka 1,6 juta barel.



Sumber: BeritaSatu.com


BAGIKAN


REKOMENDASI



BERITA LAINNYA

Sekda Aceh Himbau Bank Aceh Syariah Terus Berinovasi

Sebagai bank milik Pemda Aceh, Sekda Taqwallah berharap Bank Aceh Syariah dapat terus berinovasi.

NASIONAL | 16 Maret 2020

Polda Banten Edukasi Virus Corona di Car Free Day

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti instruksi/arahan yang sudah disampaikan oleh tim dari Polda Banten.

NASIONAL | 16 Maret 2020

Produk Teh Hitam yang Mendunia Asli dari Indonesia

Dalam satu daun teh khasiatnya sangat banyak.

NASIONAL | 15 Maret 2020

Kemhub Pastikan Transportasi Logistik Tetap Lancar

Selain memastikan transportasi logistik lancar, menteri perhubungan melarang pejabat dan pegawai Kemhub melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

NASIONAL | 16 Maret 2020

Pemasaran Luas, Mendes Apresiasi Usaha Roti Milik BUMG

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengapresiasi roti produksi BUMG Cot Girek Kandang yang telah diperjualbelikan secara luas.

NASIONAL | 16 Maret 2020

Cegah Penyebaran Corona, Layanan Perpusnas Ditutup Dua Pekan

Akses layanan perpustakaan tetap dapat dinikmati melalui aplikasi perpustakaan digital.

NASIONAL | 15 Maret 2020

Muhaimin Perintahkan Pengurus PKB Bantu Pemerintah dan Edukasi Warga Cegah Virus Corona

Pencegahan Covid-19 akan semakin efektif jika seluruh elemen masyarakat bersatu, bahu-membahu bersama pemerintah.

NASIONAL | 15 Maret 2020

Ikuti Imbauan Jokowi, Staf dan Pengurus DPP PSI Kerja dari Rumah

Dengan teknologi informasi, pekerjaan bisa dilakukan di mana saja, sehingga tidak mengurangi produktivitas.

NASIONAL | 15 Maret 2020

Megawati Cetak Brosur, Minta Seluruh Kader Partai Sosialisasi Hadapi Covid-19

Sejumlah leaflet dan brosur dicetak untuk disebarkan ke masyarakat hingga daerah terpencil.

NASIONAL | 15 Maret 2020

Kepala Desa Didorong Kreatif Majukan Desa

Kepala desa harus kreatif berinovasi tanpa selalu menunggu bantuan pihak lain.

NASIONAL | 14 Maret 2020


TERKONEKSI BERSAMA KAMI
Copyright © 2021 BeritaSatu
Allright Reserved
CONTACT US
Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings
CLOSE ADS