Polda Papua Siap Tambah Personel Kejar KKSB

Polda Papua Siap Tambah Personel Kejar KKSB
Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) didampingi Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab (kedua kiri) menyalami anggota Brimob di sela-sela upacara apel gabungan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin, 14 Oktober 2019. ( Foto: Antara / M Risyal Hidayat )
Robert Isidorus / LES Senin, 16 Maret 2020 | 14:12 WIB

Jayapura, Beritasatu.com - Polda Papua berencana untuk menambah personel guna pengamanan sekaligus penegakkan hukum terhadap kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) di sejumlah daerah rawan yang menjadi perhatian aparat keamanan TNI-Polri.

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya sudah mengajukan surat untuk penambahan pasukan dan sementara menunggu petunjuk dari Mabes Polri.

“ Ada imbauan dari pak Mendagri untuk penambahan pasukan ke Papua. Dan surat sudah kami ajukan, tinggal menunggu petunjuk dari Mabes Polri,” katanya di Jayapura, Senin (16/3/2020)

Kapolda mengaku, jumlah personel yang ada di Papua saat ini kurang lebih 5.000 personel yang disebar di beberapa kabupaten seperti, Timika, Nduga, Intan Jaya, dan Lanny Jaya.

“ Jumlah personel kita yang sudah ada kurang lebih ada 5.000 personel tersebar di Timika, Nduga, Intan Jaya, dan Lanny Jaya. Mereka ini masih terus bersiaga mengantisipasi serangan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata, tapi sejauh ini masih cukup kondusif,” sebutnya

Disinggung soal kekuatan KKSB, Paulus Waterpauw menyampaikan, jumlah mereka kurang lebih ada lima kelompok yang sementara bergabung di Tembagapura.

“ Jumlah mereka kurang lebih ada lima atau enam kelompok yang selama ini beraksi di Puncak Ilaga, Intan Jaya, Nduga, dan Timika. Mereka ini selalu menyerang aparat untuk mencari senjata dan amunisi, setelah itu mereka kabur lagi, ini yang kita waspadai,”ujar Kapolda

Dia menegaskan, penegakkan hukum terhadap KKSB harus dilakukan karena sangat meresahkan masyarakat.

“ Perbuatan mereka ini sudah sangat brutal, sangat meresahkan masyarakat, sehingga kita tetap akan melakukan upaya penegakan hukum secara tegas dan terukur. Kita ingin memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” tegas Kapolda.



Sumber: BeritaSatu.com