Sempat Bertemu Menhub, Ridwan Kamil Akan Periksa Kesehatan

Sempat Bertemu Menhub, Ridwan Kamil Akan Periksa Kesehatan
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. ( Foto: ANTARA )
Adi Marsiela / LES Senin, 16 Maret 2020 | 14:21 WIB

Bandung, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, dia sempat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memantau aktivitas pemindahan 69 awak kapal Diamond Princess di Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati pada 1 Maret 2020 lalu.

Menurut Ridwan, pemantauan itu dilakukan dari jarak sekurangnya 500 meter. Mereka hanya melihat para awak kapal itu turun dari pesawat sebelum pindah ke bus untuk kemudian dibawa ke Pelabuhan Indramayu dan bertolak ke Kepulauan Seribu. Turut hadir dalam acara itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendy, dan Kepala BNPB Doni Monardo. Pemantauan dilakukan di area terminal bandara Kertajati.

Ridwan membantah spekulasi yang menyatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi terpapar Covid-19 dalam kegiatan tersebut. Selain tidak pernah melakukan kontak langsung dengan para WNI tersebut, Ridwan menyatakan, pengamatan dilakukan dari jauh.

Ridwan menambahkan, hasil pemeriksaan kesehatan 69 awak kapal Diamond Princess juga menyatakan semuanya negatif Covid-19. “Jadi argumentasi itu gugur. Kalau Diamond Princess, ABK (anak buah kapal) negatif berarti dugaan kami bukan di Kertajati, bukan dari Diamond Princess,” terang Ridwan di Bandung, Minggu (15/3/ 2020).

Secara kronologis, Ridwan memaparkan, dia hanya bertemu dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi jelang kegiatan konferensi pers. “Saya bertemu di detik melihat (awak kapal Diamond Princess) dan konferensi pers. Tidak ada interaksi fisik sama sekali,” ungkap Ridwan.

Secara teori, ungkap Ridwan, pertemuannya itu berlangsung pada 1 Maret 2020. Secara teori, dalam kurun waktu 14 hari, Ridwan mengaku tidak mengalami dampak atau gejala terpapar Covid-19. “Kalau pakai teori, pemantauan (dilakukan) sudah lewat 14 hari. Tapi atas nama kebaikan akan saya lakukan,” terangnya soal pemeriksaan dirinya soal kemungkinan terpapar Covid-19.



Sumber: BeritaSatu.com