MPR Dukung Kemkeu Segera Revisi Cepat Anggaran Tangani Covid-19

MPR Dukung Kemkeu Segera Revisi Cepat Anggaran Tangani Covid-19
Ketua MPR Bambang Soesatyo ( Foto: Suara Pembaruan / Ruht Semiono )
Markus Junianto Sihaloho / YS Selasa, 17 Maret 2020 | 14:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan, pihaknya mendorong Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemkeu), untuk melakukan revisi anggaran secara cepat dan sederhana demi menyediakan anggaran penanganan pandemi covid-19.

Menurut Bamsoet, sapaan akrabnya, Pemerintah seharusnya mengoptimalkan alokasi anggaran yang sudah ada untuk kegiatan-kegiatan yang mendukung percepatan penanganan Covid-19. Termasuk belanja wajib bidang kesehatan untuk pencegahan atau penanganan Covid-19.

Namun, di sisi lain, dipahami juga bila anggaran yang sudah ada bisa jadi belum cukup. Maka wajar bila dilakukan penambahan anggaran yang hanya bisa dilakukan lewat proses revisi anggaran.

'"Kami mendukung langkah Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Keuangan, yang akan melakukan revisi anggaran secara cepat, sederhana, dan akuntabel, sebagai langkah antisipatif penanganan Covid-19," kata Bamsoet, Selasa (17/3/2020).

MPR juga mendorong Kemkeu untuk memastikan ketersediaan anggaran yang ditujukan untuk percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19 di Indonesia. Mengingat mewabahnya virus Covid-19 belum dapat ditentukan sampai kapan ke depannya.

Di sisi lain, seluruh bidang kerja di Pemerintah Pusat maupun Daerah sebaiknya mengikuti penyesuaian yang diarahkan oleh Kementerian Keuangan. Termasuk terhadap penyaluran dan penggunaan Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Insentif Daerah (DID).

"Yakni dengan tetap membuat laporan pertanggung jawaban implementasinya," imbuh Bamsoet.



Sumber: Suara Pembaruan