Wakil Ketua MPR Minta Masyarakat Ikuti Pembatasan Jarak Sosial

Wakil Ketua MPR Minta Masyarakat Ikuti Pembatasan Jarak Sosial
Ilustrasi Covid-19. ( Foto: AFP )
Yeremia Sukoyo / YS Selasa, 17 Maret 2020 | 14:55 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Semua pihak diharapkan dapat mematuhi dan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar melakukan social distance (menjaga jarak sosial) guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

Saat ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Pemerintah Kota (Pemkot) dan semua jajaran serta pemangku kepentingan juga diminta aktif mensosialisasikan pemahaman mengenai social distance agar dapat berjalan efektif.

"Kegiatan social distance dilakukan sebagai strategi guna mencegah atau memperlambat penyebaran virus. Bisa juga dimaknai sebagai upaya karantina diri, sementara waktu menjauhkan diri satu sama lain agar tidak tertular," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangannya, di Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Politisi Partai Nasdem yang akrab disapa Rerie itu menuturkan, untuk efektivitas pencegahan penularan virus butuh kerja sama dan kesadaran dari semua pihak. Di sisi lain juga perlu aturan turunan yang mendukung pelaksanaannya.

Dirinya meyakini, penyebaran Virus Corona di Indonesia tentunya akan berdampak pada ekonomi. Karena itulah, untuk menopang aktivitas ekonomi, pemerintah juga harus mengkaji berbagai kemudahan tambahan kepada industri dan pelaku pasar. Di antaranya seperti tidak memungut pajak penghasilan Pasal 21 (PPh) demi melawan dampak Virus Corona terhadap perekonomian.

"Kondisi saat ini memang sangat berat. Perlu kajian apakah stimulus-stimulus yang diberikan perlu ditambah atau diperluas sebagai langkah lanjut atas kebijakan yang diambil," ucap Rerie.



Sumber: Suara Pembaruan