Rapid Test Bantu Deteksi Kasus Positif Covid-19

Rapid Test Bantu Deteksi Kasus Positif Covid-19
Sampel darah pasien yang menderita virus korona (Covid-19) diuji coba untuk menghasilkan vaksin. (Foto: Istimewa)
Ari Supriyanti Rikin / EAS Rabu, 18 Maret 2020 | 18:25 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah menyiapkan cara pemeriksaan Covid-19 (corona) dengan rapid test. Pemeriksaan ini menggunakan sampel darah. Pemeriksaan berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan lapisan tenggorokan dan kerongkongan.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, rapid test ini juga dilakukan di negara lain. Rapid test akan menggunakan spesimen darah.

"Salah satu keuntungannya ini tidak membutuhkan sarana pemeriksaan laboratorium pada biosecurity level 2. Tetapi bisa dilaksanakan di semua lab kesehatan di rumah sakit yang ada di Indonesia," katanya dalam teleconference dari Graha BNPB Jakarta, Rabu (18/3/2020).

Hanya permasalahannya, lanjut Achmad Yurianto, karena yang diperiksa imunoglobulinnya maka membutuhkan reaksi imunoglobulin dari seseorang yang terinfeksi paling tidak seminggu. Kalau belum terinfeksi atau terinfeksi belum seminggu maka kemungkinan pembacaan imunoglobulinnya akan memberi gambaran negatif.

Hal ini tambahnya, harus diikuti pemahaman masyarakat tentang kebijakan isolasi diri. Semisal ada kasus positif dengan pemeriksaan rapid test, namun si penderita  tidak merasakan gejala atau memiliki gejala minimal, maka harus melaksanakan isolasi diri di rumah. Isolasi di rumah juga wajib dimonitor oleh puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat yang disepakati bersama.

Tanpa kesiapan itu kata dia, semua kasus positif hasil rapid test akan berbondong-bondong ke rumah sakit, dan belum tentu butuh layanan perawatan di rumah sakit.

Yang perlu dipahami dan dimaknai dari hasil pemeriksaan rapid test positif, bahwa orang tersebut punya potensi menularkan penyakitnya ke orang lain.

Achmad pun meminta masyarakat tenang dalam memahami apa saja yang harus dilakukan dalam penanganan Covid-19 ini.



Sumber: BeritaSatu.com