Bahaya Corona, Menpora Keluarkan Protokol Kewaspadaan

Bahaya Corona, Menpora Keluarkan Protokol Kewaspadaan
Menpora Zainudin Amali. ( Foto: kemenpora.go.id )
Jayanty Nada Shofa / JNS Rabu, 18 Maret 2020 | 19:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk memutus mata rantai penyebaran corona, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengeluarkan surat protokol kewaspadaan pencegahan. Dengan terus bertambahnya jumlah kasus positif, berbagai langkah antisipasi perlu diambil.

Terlebih, penyelenggaraan ajang olahraga di tengah pandemi corona dapat membahayakan atlet maupun penonton. Menanggapi hal ini, Menpora merilis surat protokol yang membahas pergerakan atlet maupun ofisial ke luar negeri hingga anggaran pelatnas.

"Kami tidak merekomendasikan perjalanan ke luar negeri yang telah ataupun berpotensi terpapar corona baik untuk try out dan try in, serta training camp untuk kejuaraan internasional," ujar Menpora Zainudin pada surat protokol yang dirilis pada Selasa (17/3/2020).

Tak hanya itu, pelatnas pun diharapkan rehat sejenak untuk meminimalisir penyebaran virus corona melalui kontak fisik. Agar kemampuan para atlet dalam kondisi prima, pelatihan dapat berlangsung dengan syarat dilakukan secara jarak jauh.

"Namun, kepada para atlet diminta untuk melakukan pelatihan secara mandiri dengan long distance supervision," ujar Menpora.

Kondisi saat ini pun berimbas pada anggaran yang telah ditunjukkan untuk pelatihan cabor termasuk try in dan try out. Dengan terancam ditunda atau dibatalkan berbagai ajang olahraga baik dalam maupun luar negeri, Menpora menghimbau agar masing-masing induk organisasi cabor melakukan pengubahan pada anggaran yang diajukan.

Sedangkan terkait olahraga massal non-prestasi seperti senam, Zainudin menghimbau agar masing-masing peserta menjaga jarak setidaknya 1-2 meter dan tidak berinteraksi fisik secara langsung. 

"[Terkait pelaksanaan protokol kewaspadaan ini,] kami harap pimpinan olagraga tetap menyampaikan laporan bulanan terkait kondisi pengawasan virus corona," ujarnya.



Sumber: kemenpora.go.id