MPR Minta Pemerintah Prioritaskan Alat Pelindung Tenaga Medis

MPR Minta Pemerintah Prioritaskan Alat Pelindung Tenaga Medis
Ilustrasi ruang perawatan pasien positif "corona". (Foto: Antara)
Markus Junianto Sihaloho / YS Kamis, 19 Maret 2020 | 13:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kurangnya Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis, baik dokter maupun perawat di fasilitas kesehatan yang menangani pasien Covid-19, mendapat perhatian dari MPR.

Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan, pihaknya bisa memahami kekurangan itu karena kian melonjaknya pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Covid-19. Karena itu, pihaknya mendorong Pemerintah segera mendata dan memberikan persediaan tambahan APD maupun kebutuhan/alat kesehatan lainnya bagi para tenaga medis di setiap rumah sakit.

"Jadi prioritas khususnya bagi rumah sakit rujukan yang menangani pasien Covid-19, mengingat sudah adanya tenaga medis yang menjadi korban positif terinfeksi virus tersebut," ujar Bamsoet, sapaan akrabnya, Kamis (19/3/2020).

Lebih lanjut, dia menyatakan Pemerintah harus membuat prosedur khusus penanganan pasien Covid-19 bagi para tenaga medis. Tujuan utamanya adalah agar perlindungan tenaga kesehatan dapat terjaga.

Selain itu, MPR juga mendorong Pemerintah untuk mempertimbangkan adanya penambahan tenaga kesehatan yang diharapkan dapat membantu RS dalam memaksimalkan penanganan bagi para pasien Covid-19.

"Penambahan itu terutama di RS rujukan penanganan Covid-19," pungkasnya.



Sumber: Suara Pembaruan