Satpol PP Medan Jaring Puluhan Pelajar Berkeliaran di Mal

Satpol PP Medan Jaring Puluhan Pelajar Berkeliaran di Mal
Ilustrasi pelajar (Foto: Istimewa)
Arnold H Sianturi / JEM Jumat, 20 Maret 2020 | 13:01 WIB

Medan, Beritasatu.com - Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan razia di sejumlah pusat perbelanjaan di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

Hasilnya, petugas Satpol PP menemukan puluhan anak yang berstatus pelajar masih berkeliaran di mal, kendati sudah ada himbauan pemerintah agar para anak-anak harus tinggal/belajar di rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Sekretaris Satpol PP Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap mengatakan, razia digelar setelah diterbitkan surat edaran Wali Kota Medan Nomor 440/2582 tentang Antisipasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Medan.

"Razia ini kami gelar khusus untuk mengecek apakah ada anak sekolah yang berkunjung ke pusat perbelanjaan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19," kata Sekretaris Satpol PP Kota Medan Rakhmat Adi Syahputra Harahap, Kamis (19/3/2020).

Hasilnya, dari razia di pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Gatot Subroto, Medan, petugas Satpol-PP memergoki para remaja yang berstatus pelajar berkeliaran di tempat itu. 

Rakhmat menuturkan, petugas menjaring puluhan anak yang kedapatan berkeliaran di mal dan warung internet (warnet). "Para pelajar itu kita beri nasehat agar kembali dan belajar di rumah," kata Rakhmat Adi Syahputra Harahap.

Ia menambahkan, para pelajar yang terjaring tidak hanya berasal dari Kota Medan, tapi juga dari luar Medan. Namun para pelajar itu tidak diberi sanksi, dan hanya diberi nasehat agar mematuhi himbauan pemerintah.

"Tidak ada sanksi. Namun mereka kita data dan kita himbau untuk tetap belajar di rumah sebagaimana himbauan dari Gubernur dan Wali Kota Medan," kata Rakhmat. 



Sumber: BeritaSatu.com