566 Personel TNI Siaga di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet

566 Personel TNI Siaga di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet
Presiden Joko WIdodo melihat kesiapan fasilitas perawatan di Wisma Atlet Kemayoran yang dijadikan RS Darurat Penanganan Covid-19, Senin (23/3/2020). ( Foto: Antara/Hafidz Mubarak/POOL )
Ari Supriyanti Rikin / IDS Senin, 23 Maret 2020 | 14:32 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengerahkan 566 personel untuk membantu penanganan pasien corona di rumah sakit darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Seluruh personel itu dibagi menjadi tiga satuan tugas sesuai keahliannya.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) 1, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan, sore ini, Senin (23/3/2020) pukul 17.00 WIB semuanya siap beroperasi di RS darurat Wisma Atlet.

"Kita konsentrasi saat ini pada komandan tugas gabungan terpadu Wisma Atlet," katanya dalam telekonferensi di Kantor BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Di rumah sakit darurat Kemayoran lanjutnya, personel akan dibagi menjadi tiga satuan tugas. Pertama, satuan tugas pendamping yang terdiri dari tenaga medis yang berada di ring 1 sebanyak 225 orang.

Kedua, satgas pendukung (tim backup untuk memasak dan memastikan gizi pasien) sejumlah 161 orang. Ketiga, satgas pengamanan yang berjumlah 180 orang.

"Dari 225 tim medis sudah dibagi Dansatgaskes untuk menangani dan antisipasi pasien yang akan datang. Untuk kesiapan alat pelindung diri dan logistik kesehatan juga siap," ucapnya.

Yudo menambahkan, tower 7 Wisma Atlet yang difungsikan sebagai tempat observasi dan isolasi pasien telah siap 1.600 tempat tidur.

Di setiap lantai terdapat 34 kamar yang dibagi menjadi 32 kamar untuk perawatan pasien dan 2 kamar untuk tim perawat. Masing-masing kamar terdapat 3 tempat tidur.



Sumber: BeritaSatu.com