Perayaan Cheng Beng Diimbau Dilaksanakan di Rumah

Perayaan Cheng Beng Diimbau Dilaksanakan di Rumah
Ritual Ceng Beng. ( Foto: Antara )
Arnold H Sianturi / DAS Rabu, 25 Maret 2020 | 12:14 WIB

Medan, Beritasatu.com -Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Kapolda Sumut) Irjen Martuani Sormin mengimbau warga  Tionghoa Sumut untuk tidak melaksanakan ritual Cheng Beng di luar rumah atau tempat keramaian. Perayaan Cheng Beng sebaiknya dilaksanakan warga di dalam rumah.

"Ini penting untuk mencegah penyebaran virus corona," ujar Kapolda Sumut melalui keterangan tertulis yang diterima Rabu (25/3/2020).

Martuani Sormin mengatakan, virus corona sudah mewabah di dunia, termasuk  Indonesia. Oleh karena itu, masalah ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Virus corona atau Covid-19 ini bisa menyerang siapa saja.

"Kami mengimbau masyarakat tetap bertahan dan mengisolasikan diri di rumah. Kami lakukan ini bukan untuk menekan masyarakat melainkan mencegah bertambahnya korban akibat corona," katanya.

Ritual Cheng Beng merupakan sembahyang kubur untuk menghormati orang (keluarga) yang sudah meninggal dunia. Pelaksanaan ritual ini biasanya  melibatkan sekumpulan orang dan sudah dimulai. Puncaknya pada tanggal 4 dan 5 April 2020 mendatang.

"Kita semua tidak tahu apakah yang hadir pada saat pelaksanaan Cheng Beng nanti dalam kondisi sehat atau terpapar corona. Jadi untuk mengantisipasinya lebih baik di rumah saja untuk beberapa saat ini sampai waktu yang tidak di tentukan," kata Martuani Sormin.



Sumber: BeritaSatu.com