Baznas Semprot Disinfektan di Stasiun Tanah Abang untuk Cegah Korona

Baznas Semprot Disinfektan di Stasiun Tanah Abang untuk Cegah Korona
Tim Baznas Tanggap Bencana melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat (Foto: ist)
Kunradus Aliandu / KUN Kamis, 26 Maret 2020 | 11:04 WIB

Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menurunkan tim Baznas Tanggap Bencana untuk melakukan tindakan pencegahan penyebaran virus korona baru atau Covid-19 dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke area transportasi publik yakni di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat. Dengan mengandalkan 9 personel, penyemprotan dilakukan pada area yang ramai dilintasi masyarakat seperti peron stasiun, mushola, dan toilet.

Tak hanya disemprot, Tim Baznas Tanggap Bencana juga melakukan pengelapan dengan kain yang telah diberi cairan disinfektan ke bagian area yang sering disentuh oleh masyarakat seperti mesin tap kartu untuk keluar masuk stasiun, pegangan tangga stasiun, dan juga vending machine.

“Meski jam operasi sudah dibatasi, saat ini jumlah masyarakat pengguna KRL masih sangat banyak. Stasiun Tanah Abang menjadi salah satu stasiun transit dengan mobilitas masyarakat yang cukup tinggi ditambah lokasinya yang berdekatan langsung dengan pasar. Maka dari itu Baznas Tanggap Bencana berinisatif untuk melakukan penyemprotan disinfektan agar masyarakat steril dari penularan Covid-19,” jelas Kepala Program Baznas Tanggap Bencana, Dian Mandana Aditya Putri.

Selain penyemprotan dan pengelapan, lanjut Dian, Baznas Tanggap Bencana juga melakukan pendistribusian 400 hand sanitizer untuk diberikan kepada para penumpang KRL. “Tak hanya pendistribusian, tim juga memberikan edukasi singkat bagaimana cara menggunakan hand sanitizer yang baik untuk menjaga kebersihan tangan agar aman dari virus. Baznas Tanggap Bencana akan terus bergerak melakukan upaya-upaya menekan angka penyebaran virus yang semakin meluas,” ujarnya.

Sebelumnya, Tim Baznas Tanggap Bencana juga telah melakukan penyemprotan serupa di beberapa area tansportasi publik seperti Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, Stasiun Juanda, dan juga Terminal Kampung Melayu. Sementara itu, Direktur Utama Baznas RI, M Arifin Purwakananta menambahkan, dalam upaya membantu pencegahan penyebaran Covid-19, Baznas concern pada titik area publik dimana masih banyak aktivitas masyarakat. “Baznas berupaya membantu mereka yang memang tidak bisa melakukan sistem bekerja dari rumah agar tetap terlindungi saat berada di area umum. Semoga langkah kecil kami bisa memberikan dampak yang berarti dalam mencegah mereka dari penularan Covid-19,” tuturnya.

Terkait dengan penyebaran Covid-19, Baznas telah menggerakkan seluruh lembaga program untuk berperan aktif dalam aksi pencegahan diantaranya adalah pembentukan crisis center bersama lembaga zakat lainnya, pendistribusian Alat Pelindung Diri (APD) untuk tim medis, pengadaan wastafel cuci tangan di area publik, pembersihan karpet mushola dan masjid, serta mengedukasi mustahik agar ikut mengkampanyekan budaya hidup bersih sebagai upaya pencegahan Covid-19.



Sumber: PR