Wapres Imbau Masyarakat Jangan Pulang Kampung dan Dukung Pemda Awasi Perbatasan

Wapres Imbau Masyarakat Jangan Pulang Kampung  dan Dukung Pemda Awasi Perbatasan
Wapres Ma'ruf Amin. ( Foto: ANTARA/Anis Efizudin )
Markus Junianto Sihaloho / RSAT Kamis, 26 Maret 2020 | 18:42 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengimbau agar masyarakat tak mudik ke kampung halaman dari wilayah perkotaan yang memiliki banyak kasus Covid-19. Dia juga mendukung agar pemerintah daerah (Pemda) menjaga perbatasan demi memastikan orang yang mudik tak membawa Covid-19 ke daerah.

Wapres mengakui bahwa pemerintah akan segera memutuskan soal kebijakan terkait mudik Idul Fitri. Masalahnya, belum lagi Idul Fitri, sudah banyak warga perkotaan yang memilih pulang kampung. Salah satu alasannya, toh pekerjaan dan ekonomi belum bergerak normal.

Masalahnya, kasus di NTB menunjukkan bahwa ada pemudik dari Jakarta justru diketahui positif Covid-19 setelah tiba di kampung halaman.

"Saya pribadi melihat sebaiknya masyarakat tidak mudik," ujar Wapres Ma'ruf Amin, Kamis (26/3/2020).

Bagi mereka yang sudah terlanjur mudik, Wapres meminta agar Pemda melakukan pengawasan ketat. Sejumlah daerah sudah melakukan hal ini.  Di Jawa Tengah, aparat Pemda bahkan menunggu di perbatasan daerah untuk memeriksa apakah yang mudik itu bebas Covid-19 atau tidak.

"Itu sudah dilakukan Jateng. Saya minta daerah lain melakukan hal sama untuk mencegah penyebaran itu," kata Wapres.

Bagi yang sudah kembali, Wapres meminta supaya kembali ditelusuri apakah mereka bebas corona atau tidak. Menurut Wapres, hal itu memang jadi pekerjaan tambahan buat Pemda.

"Tugas baru mereka meneliti yang mudik jangan sampai membawa wabah corona ke daerah masing-masing. Tapi saya sarankan kepada masyarakat agar jangan mudik. Tapi kalau sudah terlanjur, kami minta ke pemerintah daerah mengawasi, supaya jangan sampai pemudik sebarkan corona ke daerah," tegas Wapres.



Sumber: BeritaSatu.com