Peneliti Indonesia Diminta Membuat Vaksin Lokal untuk Covid-19.

Peneliti Indonesia Diminta Membuat Vaksin Lokal untuk Covid-19.
Dokter patologi klinik memeriksa sampel media pembawa virus korona untuk penelitian di Laboratorium Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya di Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis, 6 Februari 2020. ( Foto: Antara / Umarul Faruq )
Ari Suprianti Rikin / EAS Kamis, 26 Maret 2020 | 18:46 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof Amin Soebandrio mengatakan, meski membutuhkan waktu yang lama, kemampuan Indonesia untuk membuat vaksin Covid-19 harus diwujudkan. Jika Indonesia mampu menghasilkan vaksin secara mandiri, apabila ada serangan lanjutan virus, tinggal memproduksi massal vaksin lokal tersebut.

Amin Soebandrio mengatakan, dalam konsorsium ristek penanganan Covid-19, Eijkman dan sejumlah lembaga penelitian lainnya memulai riset vaksin, yang diharapkan mampu menemukan respons imun yang baik dari riset berbasis teknologi rekombinan protein ini.

"Hasilnya nanti diharapkan bisa melindungi masyarakat dari infeksi Covid-19 virus yang berikutnya," katanya dalam video konferensi di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Vaksin yang akan diteliti ditargetkan membangkitkan pembentukan antibodi tubuh, bersifat protektif, melindung dari infeksi virus. Sehingga kalau pun terinfeksi, risikonya ringan.

Dalam riset ini pun, Amin mengatakan, butuh dukungan para ahli dari berbagai bidang seperti imunologi, vaksinologi, virologi dan ahli eksperimen binatang.

"Kita hanya punya waktu sempit sehingga butuh dukungan para ahli," ucapnya

Amin mengungkapkan, hingga saat ini, masyarakat sudah tiga kali mendapat serangan virus corona yaitu SARS, MERS dan SARS Cov-2 yang dikenal Covid-19.



Sumber: BeritaSatu.com