Plt Wali Kota Medan: Ada Uang Tapi Tak Bisa Beli APD

Plt Wali Kota Medan: Ada Uang Tapi Tak Bisa Beli APD
Ilustrasi alat pelindung diri. ( Foto: AFP )
Arnold H Sianturi / JEM Kamis, 26 Maret 2020 | 19:16 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan, alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan paramedis seperti  hand sanitizer, masker, cairan disinfektan dan lainnya, tidak dapat dibeli meski anggaran yang dialokasikan dalam penanganan virus corona sebesar Rp 100 miliar.

"Saya sudah mengunjungi pabrik pembuatan alkohol atau etanol serta distributor masker. Produksi mereka sangat terbatas dan itupun sudah dipesan instansi lain. Bahkan, pembelian bahan baku untuk pembuatan hand sanitizer itu pun dibatasi," ujar Akhyar di Medan, Kamis (26/3/2020).

Akhyar menyampaikan, untuk pemesanan bahan baku maupun lainnya, meski itu oleh pemerintah kota, disebutkan harus menggunakan surat resmi. Sehingga, meski memiliki uang, Pemkot Medan tidak bisa berbuat banyak, khususnya dalam membeli alat pelindung diri tersebut.

"Kita mempunyai uang namun tidak bisa membeli. Kebuhan APD yang dicari sudah mengalami kelangkaan. Memang ada APD bantuan dari pemerintah pusat namun belum dapat dipastikan apakah bisa memenuhi kebutuhkan untuk penanganan korona di daerah ini," sebutnya.  



Sumber: BeritaSatu.com