Awal April, LIPI Beri Pelatihan SDM Uji Sampel Covid-19

Awal April, LIPI Beri Pelatihan SDM Uji Sampel Covid-19
Laboratarium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) di Jakarta. ( Foto: Antara )
Ari Supriyanti Rikin / EAS Kamis, 26 Maret 2020 | 19:27 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Awal April, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang menjadi bagian dari konsorsium ristek penanganan Covid-19 akan melakukan pelatihan sumber daya manusia (SDM). Pelatihan dilakukan agar SDM terlatih dalam melakukan pengujian sampel virus corona (Covid-19) berbasis polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan, untuk mengantisipasi ledakan pasien Covid-19 memang diperlukan SDM terlatih yang mampu menguji sampel virus dengan metode PCR.

"Dibutuhkan kapasitas uji PCR besar-besaran untuk antisipasi ledakan jumlah pasien. Iya, kita berharap hal itu tidak terjadi, tetapi harus tetap kita lakukan sebagai upaya mitigasi," katanya dalam video telekonferensi di Jakarta, Kamis (26/3/2020).

Dalam uji sampel berbasis PCR ini kata dia, dibutuhkan keahlian khusus dari SDM terlatih karena pelaksanaan uji mengandung virus aktif sebelum dimasukan ke PCR.

"Minggu depan kita mulai pelatihannya dengan 6 PCR. Masing-masing 7-8 orang dan akan kita latih selama 1-2 minggu," ucapnya.

Saat ini pun lanjutnya, untuk mendukung pengujian sampel Covid-19, masih butuh keberadaan reagen yang primer dalam sebuah PCR. Oleh sebab itu ia mendorong Indonesia mandiri dalam pembuatannya, sebab saat ini masih mengandalkan impor. Dunia pun sedang banyak membutuhkan reagen itu, karena pandemi ini terjadi di banyak negara.

Sementara itu terkait pelatihan SDM PCR tersebut, LIPI lanjutnya mengundang relawan dari bidang peternakan, dan dokter hewan untuk ikut pelatihan ini.



Sumber: BeritaSatu.com