Pelibatan RT dan RW Dinilai Penting Cegah Covid-19

Pelibatan RT dan RW Dinilai Penting Cegah Covid-19
Petugas melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga RW 14, Sawangan Regensi, Depok, Rabu 25 Maret 2020. Kegiatan cegah Covid -19 ini bentuk swadaya warga RW 14 Sawangan Regensi. ( Foto: BeritaSatu Photo / Emral Firdiansyah )
Carlos KY Paath / FER Kamis, 26 Maret 2020 | 20:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota DPR, Sonny T Danaparamita, berharap kepala daerah sampai tingkat RT dan RW melakukan gerakan terstruktur, sistematis dan masif (TSM) dalam rangka memutus mata rantai wabah virus corona jenis baru atau Covid-19. Salah satu caranya dengan penyemprotan disinfektan.

Baca Juga: Warga DKI Semakin Sadar Terapkan Physical Distancing

"Saya mengusulkan kepada para gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota, wakil wali kota, hingga para lurah, kepala desa, ketua RT dan RW membuat gerakan TSM. Misal penyemprotan disinfektan," kata Sonny dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

Sonny menyatakan, penyemprotan disinfektan harus dikomando pejabat berwenang seperti kades dan lurah. Diselenggarakan secara terkoordinasi. "Artinya apabila di rumah dilakukan oleh penghuninya masing-masing, tetangga sekitar, petugas yang ditunjuk di tingkat RT. Jika di tempat umum oleh petugas yang ditunjuk," kata Sonny.

Sonny menambahkan, penyemprotan dilakukan dengan waktu yang bersamaan, secara berkala, dan berkelanjutan hingga selesainya wabah Covid-19.

Baca Juga: PSI Usul Tiga Metode Karantina

Di satu sisi, lanjut Sonny, ada yang mengalami kepanikan hingga melakukan aksi borong berbagai kebutuhan. Namun di sisi yang lain, masih terdapat masyarakat yang kurang menyadari bahaya Covid-19.

"Kita patut bersyukur bahwa negara telah hadir dan bergerak melawan Covid 19 ini. Tenaga medis dan paramedis juga terus berjuang melakukan langkah-langkah medis terhadap para pasiennya. TNI dan Polri juga terus menerus mengingatkan masyarakat agar mengikuti anjuran pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19," ujar Sonny.



Sumber: BeritaSatu.com