1 PDP di Palu Positif Covid-19

1 PDP di Palu Positif Covid-19
Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola
John Lorry / LES Jumat, 27 Maret 2020 | 07:48 WIB

Palu, Beritasatu.com - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah dirawat sekitar 21 hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Undata Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) dinyatakan positif mengidap Covid-19.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola membenarkan adanya kasus positif Covid-19 itu.“Kondisi terkini, Kamis, 26 Maret 2020, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 38 orang. Selesai pemantauan dua orang. Lalu dalam proses pemantauan 36 orang, Kemudian PDP ada 19 orang. Nah dari 19 orang ini, satu dinyatakan positif, yaitu pasien nomor 04. Ia dirawat di Rumah Sakit Undata. Dari yang 19 orang tadi juga diketahui dari pemeriksaan swab, lima orang dinyatakan negatif, dan sementara proses pemeriksaan laboratorium masih menunggu hasilnya sebanyak 14 orang,” jelasnya, Kamis (26/3/2020) malam.

Berdasarkan rekam medik diketahui, pasien berjenis kelamin perempuan dan berusia sekitar 60 tahun itu mengidap radang paru-paru. Sejauh ini, Pemerintah Provinsi Sulteng telah mengambil langkah-langkah strategis untuk mencegah dan mengatasi penyebaran Covid-19 sesuai dengan standard dan prosedur serta protokol Kementerian Kesehatan dan WHO.

Sejumlah fasilitas publik, seperti bandar udara, dan pasar-pasar tradisional juga telah disemprot disinfektan. Pemerintah pun telah membatasi arus penumpang dan barang melewati pelabuhan udara dan laut, serta perbatasan antara Provinsi Sulteng dengan Gorontalo, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Sebelumnya, Gubernur Longki Djanggola juga menyatakan, telah menyiapkan sejumlah langkah antisipatif dengan menyiapkan gedung-gedung pendidikan dan latihan milik pemerintah, termasuk wisma haji untuk dicadangkan sebagai tempat perawatan pasien Covid-19.

“Kita sudah putuskan, semua Gedung OPD Diklat yang ada di Sulawesi Tengah ini semua kita cadangkan untuk membackup rumah sakit-rumah sakit merawat pasien tertular virus corona,” kata Longki, Selasa (24/3/2020) lalu.



Sumber: BeritaSatu.com