Wabah Covid-19

Megawati Perintahkan Kader Prioritaskan Bantuan Barang, Bukan Uang

Megawati Perintahkan Kader Prioritaskan Bantuan Barang, Bukan Uang
Megawati Soekarnoputri. ( Foto: Suara Pembaruan / Joanito De Saojoao )
Markus Junianto Sihaloho / YS Jumat, 27 Maret 2020 | 13:49 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri terus memimpin gotong royong nasional partai untuk kemanusiaan.

Hari ini, Megawari memberikan arahan bahwa terkait dengan kerja gotong royong melawan Covid-19, maka bantuan yang diprioritaskan Partai bersifat in-natura alias dalam bentuk barang. Bukan dalam bentuk uang.

"Selain masker dan APD, Partai terus memberikan bantuan berupa jamu, telor, hand sanitizer, dan juga penyemprotan desinfektan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Jumat (27/3/2020).

Hasto menjelaskan, dirinya melaporkan bahwa kader dari Tiga Pilar Partai telah berinisiatif menyisihkan gajinya untuk gotong royong kemanusiaan tersebut. Maka Ketua Umum Megawati memberikan arahan bahwa hasil penyisihan gaji tersebut harus dikoordinir dengan baik dan diprioritaskan untuk bantuan in-natura.

"Tujuannya agar dapat segera sampai dan dapat segera digunakan oleh tujuan. Secara khusus Ibu Mega juga meminta untuk memberikan bantuan bagi perempuan, anak-anak balita, dan manula," ujar Hasto.

Dengan mengingat bahwa pandemi Covid-19 tersebut diperkirakan oleh para ahli akan memakan waktu sekitar tiga bulan, maka segala sesuatunya harus direncanakan dan dikoordinasikan dengan baik. Seluruh jajaran Tiga Pilar PDI Perjuangan juga terus memaksimumkan gotong royong, termasuk menyisihkan gajinya untuk kerja kemanusiaan tersebut.

“Bantuan dari BNPB terkait obat-obatan dan APD sebaiknya langsung didistribusikan ke rumah sakit rujukan di daerah-daerah. Selain itu bantuan dari PDI Perjuangan dapat disalurkan ke rumah sakit yang bukan rujukan, yang juga pastinya sangat membutuhkan," ulas Hasto.

Dipastikan Hasto juga, PDIP terus membantu Pemerintah untuk sosialisasikan ke rakyat terhadap pentingnya physical distancing, pentingnya cuci tangan dan cuci benda. Khususnya benda yang akan berkontak dengan mulut, hidung, dan/atau mata, seperti alat makan dan minum, kaca mata, serta juga pentingnya tinggal di rumah.

Kata Hasto, Megawati juga menekankan beberapa prinsip bagi kader partainya. Pertama, gerak minimal adalah jaga jarak fisik 1,5 - 2 meter dan gunakan masker. Kedua, seringlah mencuci tangan dan cuci benda, utamanya benda-benda yang berinteraksi dengan mulut, hidung, dan/atau mata.

Ketiga, sabar dan tertib lakukan tinggal di rumah dan tingkatkan daya imun tubuh dengan makan, minum, dan istirahat yang cukup.

"Serta tentunya selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa," tandas Hasto.



Sumber: Suara Pembaruan