Mahfud MD: Pemerintah Siapkan Aturan Larang Mudik

Mahfud MD: Pemerintah Siapkan Aturan Larang Mudik
Ilustrasi mudik dengan bus. ( Foto: Antara / Mohamad Hamzah )
Robertus Wardi / FER Jumat, 27 Maret 2020 | 17:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menko Polhukam, Mahfud MD mengemukakan, pemerintah sedang menyiapkan satu aturan yang melarang orang untuk melakukan mudik pada Lebaran tahun 2020.

Baca Juga: Pemerintah Akan Larang Mudik

Larangan mudik tersebut, bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau Covid 19 merebak di berbagai daerah.

"Dalam situasi bencana seperti sekarang sedang dipertimbangankan satu kebijakan untuk larangan mudik menjelang lebaran, larangan piknik, kemudian larangan berkumpul misalnya untuk pembagian zakat," kata Mahfud dalam teleconfernce dengan wartawan di Jakarta, Jumat (27/3/2020).

Mahfud menjelaskan, secara konstitusi atau Undang-undang Dasar (UUD), orang atau warga negara punya hak untuk pulang dan pergi. Secara konstitusi tidak bisa sembarangan dilarang karena merupakan hak konstitusional setiap warga negara.

Baca Juga: Akses Keluar Jabodetabek Akan Ditutup

"Namun dalam hukum, ada dalil keselamatan rakyat yang menjadi hukum tertinggi. Karena itu, pemerintah sedang siapkan aturan agar tidak digugat oleh masyarakat," jelasnya.

Mahfud meminta masyarakat Jakarta agar tidak mudik lebih awal. Hal itu untuk menghindari penyebaran virus covid-19 di daerah secara massif.

"Pemerintah sekarang sedang menyiapkan satu rencana kebijakan agar orang tidak mudik dulu. Kepada perusahan-perusahan, baik BUMN maupun swastaa agar menyelenggarakan acara mudik bersama gratis. Kalau ada anggaran untuk itu supaya diberikan untuk benda yang berkualitas dan bisa dimanfaatkan. Itu juga sedang didiskusikan dan akan diputuskan," jelas Mahfud.



Sumber: BeritaSatu.com