Stok Darah Kena Imbas Corona, Pemprov Aceh Ajak Warga Ikut Donor

Stok Darah Kena Imbas Corona, Pemprov Aceh Ajak Warga Ikut Donor
Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah ketika mendonorkan darahnya di PMI Banda Aceh, Jumat (27/3/2020). ( Foto: Pemprov Aceh )
Jayanty Nada Shofa / JNS Sabtu, 28 Maret 2020 | 18:29 WIB

Banda Aceh, Beritasatu.com - Pandemi corona (Covid-19) yang kian mengganas telah menyebabkan persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Banda Aceh menurun drastis. Oleh karena itu, Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak masyarakat setempat untuk mendonorkan darahnya.

"Saat ini, ketersediaan darah untuk golongan apapun jumlahnya terus menipis. Karena itu, saya mengajak masyarakat untuk datang secara berkala ke PMI guna mendonorkan darah," ujar Nova di markas PMI Banda Aceh, Jumat (27/3/2020).

Usai mendonorkan darahnya, Nova menyatakan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh serta membantu masyarakat yang membutuhkan.

Adapun Kepala Markas PMI Banda Aceh Safriadi Ibrahim menyatakan menipisnya stok darah dikarenakan masyarakat kini menghindari tempat keramaian.

"Biasanya, kami selalu menggelar donor darah baik di kantor-kantor ataupun acara keramaian seperti car free day. Tetapi, karena sekarang ada kebijakan pencegahan penularan corona, kami pun kesulitan mendapatkan pendonor," ujar Safriadi.

Karena itu, ia berharap masyarakat setempat  dapat secara langsung mendatangi markas PMI untuk memenuhi kebutuhan transfusi darah.

Sebagai informasi, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla sebelumnya turut menghimbau agar kegiatan donor darah ini tetap berlangsung khususnya bagi masyarakat yang sehat dan tidak dalam kategori orang dalam pengawasan (ODP). Hal ini dikarenakan donor darah dibutuhkan untuk mengatasi demam berdarah dengue (DBD) yang turut mewabah.



Sumber: PR