Soal Karantina Wilayah, Ini Kata Ketua MPR

Soal Karantina Wilayah, Ini Kata Ketua MPR
Bambang Soesatyo. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / RSAT Minggu, 29 Maret 2020 | 13:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah soal penyelesaian Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur karantina wilayah sebagai turunan dari UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Hal itu disampaikan Bamsoet, sapaan akrabnya, ketika dimintai tanggapan soal desakan kepada pemerintah agar segera mengeluarkan PP termaksud. "Kita serahkan sepenuhnya kepada pemerintah," kata Bamsoet, Minggu (29/3/2020).

Dijelaskan sebagai Ketua MPR, Bamsoet hanya ingin mendorong pemerintah untuk segera melakukan langkah-langkah penutupan pergerakan manusia dari dan menuju Jakarta. Serta melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19, untuk menyiapkan petugas di setiap pelabuhan maupun bandara. Memperketat pengawasan untuk memeriksa arus masuk-keluar Jakarta, sebagai upaya pemerintah menghentikan penyebaran wabah ke daerah lainnya.

Bamsoet juga mendorong pemerintah agar segera memberi perhatian khusus pada sektor tanaman pangan.

Ketua MPR mengingatkan, belum ada yang bisa memastikan kapan pandemi global virus corona akan berakhir. Satu hal yang pasti, kerusakan di sektor ekonomi begitu nyata dan terus berlangsung di berbagi belahan dunia.

Di tengah proses kerusakan pada sektor ekonomi global itu, tantangan utama bagi setiap negara, termasuk Indonesia, adalah kepastian ketersediaan bahan pangan pokok.

"Siapapun tidak mengharapkan sektor tanaman pangan mengalami kerusakan seperti halnya kerusakan di sektor bisnis lainnya. Demi kepentingan itu, pemerintah perlu memberi perhatian khusus pada sektor pertanian tanaman pangan. Aktivitas produksi bahan pangan pokok, seperti kegiatan tanam padi, sayur-sayuran hingga produktivitas nelayan, harus tetap terjaga," ulas Bamsoet.



Sumber: BeritaSatu.com