Dinkes Aceh Salurkan Rapid Test dan APD ke Sejumlah RS

Dinkes Aceh Salurkan Rapid Test dan APD ke Sejumlah RS
Ilustrasi rapid test. ( Foto: istimewa )
Jayanty Nada Shofa / JNS Senin, 30 Maret 2020 | 11:18 WIB

Banda Aceh, Beritasatu.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh telah mendistribusikan rapid test untuk penanganan corona (Covid-19) ke 37 rumah sakit di Aceh. Tak hanya itu, alat pelindung diri (APD) dan ribuan masker TB maupun N-95 juga disalurkan ke 28 rumah sakit dan Dinkes kabupaten/kota se-Aceh.

Pemberian bantuan ini disebut berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA).

"Kami mendata rumah sakit yang paling membutuhkan. Kami sebar merata dan diperkirakan besok atau lusa sudah sampai di tempat masing-masing," ujar Kepala Dinkes Aceh Hanif di Banda Aceh, Minggu (29/3/2020).

Hanif menambahkan, rapid test kali ini difokuskan untuk tenaga medis sebagai garda terdepan, serta untuk mencari peta sebaran Covid-19. Ia berharap hasil dari pemeriksaan dapat menjadi pedoman bagi tindakan medis selanjutnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga jarak fisik atau physical distancing untuk meredam penyebaran Covid-19.

"Harus diingat bahwa rapid test ini bukan segalanya. Jauh dari itu adalah usaha kita dalam pencegahan menjadi hal yang paling utama. Tetap jaga jarak dan tetap menjaga diri di rumah. Karena tindakan itu akan lebih efektif dalam memutuskan mata rantai corona," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menyatakan pemerintah setempat akan terus berupaya memenuhi kebutuhan APD bagi petugas medis. Pemerintah juga telah menyiapkan hotel dan tempat khusus yang dapat dimanfaatkan tenaga medis untuk beristirahat dan mengisolasi diri usai bertugas.

Pemerintah Aceh sebelumnya telah mendistribusikan sebanyak 336 APD dan 42.000 lembar masker bagi 29 RSUD.

Sebagai informasi, terdapat lima kasus positif terpapar corona di Aceh berdasarkan data Dinkes Aceh per Minggu (29/3/2020).



Sumber: PR