Yusril Sarankan Pemerintah Terbitkan Perppu Kekarantinaan Kesehatan

Yusril Sarankan Pemerintah Terbitkan Perppu Kekarantinaan Kesehatan
Yusril Ihza Mahendra. ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / AO Senin, 30 Maret 2020 | 12:08 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pakar hukum tata negara, Yusril Ihza Mahenda, mengusulkan agar pemerintah segera membuat peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) yang mengatur keadaan darurat akibat pandemi virus corona (Covid-19). Perppu itu untuk membenahi aturan-aturan yang belum jelas dan tegas pada Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Menurut Yusril, daripada membuat peraturan pemerintah (PP) sebagai pelaksanaan UU Kekarantinaan Kesehatan, pemerintah lebih baik menerbitkan sebuah perppu yang lebih komprehensif.

"Sebab, hemat saya, kalau PP pelaksanaan UU Karantina Kesehatan, akan terjadi tabrakan antara kebijakan pusat dan daerah serta antara daerah dengan daerah lain. Bisa repot," kata Yusril di Jakarta, Senin (30/3/2020).

"Salah penanganan, implikasinya akan luar biasa," ujar mantan Menteri Hukum dan HAM serta mantan Menteri Sekretaris Negara itu.

Menurut dia, perppu itu harus mengatur kewenangan penanganan wabah Covid-19 diambil alih oleh pemerintah pusat dengan tetap berkoordinasi dengan daerah. Lalu, perppu juga mengatur tentang lembaga yang dibentuk untuk menangani Covid-19 serta sumber pembiayaannya.

"Mengatur juga bahwa kewenangan menyatakan darurat, baik nasional maupun daerah, ada di tangan pusat," kata Yusril.



Sumber: BeritaSatu.com