Prajurit TNI Ajari Anak-anak Kampung Epem Sikat Gigi yang Benar

Prajurit TNI Ajari Anak-anak Kampung Epem Sikat Gigi yang Benar
Prajurit TNI dari Kodim 1707/Merauke yang tergabung dalam Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-107 mengajari anak-anak di Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, menjaga kesehatan melalui sikat gigi dengan baik dan benar, Senin, 30 Maret 2020. (Foto: Istimewa / Puspen TNI)
Asni Ovier / AO Senin, 30 Maret 2020 | 21:44 WIB

Merauke, Beritasatu.com - Prajurit TNI dari Kodim 1707/Merauke, Papua, yang tergabung dalam Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-107 mengajari anak-anak di Kampung Epem, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Papua, menjaga kesehatan melalui sikat gigi dengan baik dan benar, Senin (30/3/2020).

Kampung Epem merupakan salah satu wilayah pedalaman Papua, sehingga kegiatan menggosok atau sikat gigi merupakan hal yang awam di daerah tersebut. Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menambah kesadaran tentang kebersihan dan kesehatan.

Kegiatan mengajari anak-anak menggosok gigi yang dilaksanakan di halaman rumah salah satu warga, Felix, diikuti oleh puluhan anak-anak Kampung Epem. Para prajurit TNI dari Satgas TMMD ke-107 Kodim 1707/Merauke, dengan penuh kesabaran mengajari anak-anak cara menyikat gigi dengan benar. Anak-anak Kampung Epem begitu antusias dan senang mengikutinya.

Komandan Kompi (Danki) Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke Lettu Inf Antonius Kalambia mengatakan bahwa kegiatan mengajari anak-anak Kampung Epem menyikat gigi dengan baik dan benar bertujuan untuk membiasakan diri dalam menjaga dan merawat gigi, sehingga gigi mereka akan selalu sehat dan kuat.

Menurutnya, dengan menyikat gigi yang baik dan dilakukan setiap pagi setelah makan dan malam hari sebelum tidur, maka akan sangat membantu anak agar terbebas dari penyakit gigi dan bau mulut serta gigi berlubang.

“Dalam usia anak-anak seperti ini kebanyakan belum ada kesadaran dalam menjaga dan merawat kebersihan mulut. Untuk itu, peran orang tua dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dalam meningkatkan kesehatan anak,” kata Lettu Inf Antonius.

Danki Satgas TMMD ke-107 Kodim 1707/Merauke berharap, kegiatan seperti ini dapat dijadikan motivasi sehingga anak-anak setiap hari rajin menggosok gigi.

Ferianus (7 tahun), salah satu anak Kampung Epem, mengaku sangat senang dan gembira ketika diajari cara menggosok gigi dengan baik dan benar oleh Personel Satgas TMMD Ke-107 Kodim 1707/Merauke.



Sumber: BeritaSatu.com