Rieke: Penanganan Pandemi Covid-19 Harus Berbasis Riset

Rieke: Penanganan Pandemi Covid-19 Harus Berbasis Riset
Rieke Diah Pitaloka. ( Foto: Antara )
Feriawan Hidayat / FER Senin, 30 Maret 2020 | 23:44 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com - Anggota Komisi VI DPR, Rieke Diah Pitaloka, menyatakan, kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi virus corona atau Covid-19 harus didasarkan atas riset. Hal itu sesuai amanat Undang-undang (UU) Nomor 11/2019 tentang Sistem Nasional Iptek.

Baca Juga: Lagi, Tiga Pasien Virus Corona di Jatim Sembuh

"Langkah yang telah dilakukan pemerintah dalam menghadapi Covid-19 harus diapresiasi. Namun, saat ini kebijakan yang diambil oleh pemerintah harus berbasis riset dan penerapan teknologi," ujar Rieke dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (30/3/2020).

Rieke mengatakan, pandemi corona bukan hanya bencana nasional, namun sudah berskala global. Oleh karena itu, penanganan Covid-19 harus didasarkan atas hasil riset yang komprehensif. Pasalnya, tidak mungkin kebijakan menghadapi pandemi corona tanpa memperkuat riset nasional.

"Pemerintah tentunya menyadari, tidak mungkin penanganan Covid-19 tanpa rencana mitigasi yang matang. Rencana mitigasi tidak mungkin ada tanpa pemetaan penyebaran virus. Penyebaran virus sangatlah tidak mungkin tanpa riset uji sampel virus corona," paparnya.

Baca Juga: Kasus Positif Corona di Sumut Jadi 20 Orang

Politisi PDIP ini menambahkan, pemerintah harus segera memperkuat dan memperbanyak sumber daya manusia (SDM) untuk melakukan riset dalam penanganan Covid-19 berupa uji sampel di seluruh provinsi. Selain itu, pihaknya juga mendukung upaya dan terobosan LIPI yang bekerja sama dengan Kemristek untuk mengoptimalkan anggaran dan prasarana riset yang ada.

"Kami juga mendukung Menteri Kesehatan untuk membuka akses informasi dan penggunaan sampel virus corona bagi lembaga riset nasional," tandasnya.



Sumber: BeritaSatu.com