Lawan Covid-19, Anggota DPRD Ajak Warga Berjemur di Matahari Pagi

Lawan Covid-19, Anggota DPRD Ajak Warga Berjemur di Matahari Pagi
Anggota DPRD Sulawesi Tengah Yahdi Basma (kedua dari kanan) bersama sejumlah anggota dewan lainnya bersama warga di Palu, berjemur di matahari pagi pukul 10.00 untuk mendapatkan sinar ultraviolet untuk meningkatkan imunitas tubuh. ( Foto: Istimewa )
Jeis Montesori / JEM Selasa, 31 Maret 2020 | 12:55 WIB

Palu, Beritasatu.com - Berjemur di sinar matahari pagi sebenarnya bukan untuk mematikan virus corona. Namun lebih pada meningkatkan imunitas tubuh agar mampu melawan virus apapun yang bisa mengganggu kesehatan tubuh setiap orang.

Hal tersebut disampaikan dokter ahli gizi dan magister filsafat Dr dr Tan Shot Yen M Hum, yang menyatakan pada pukul 10.00 pagi tubuh akan mendapatkan asupan cahaya ultraviolet B.

"Soal berjemur ini, ternyata tak semua sinar matahari baik untuk kesehatan tubuh. Ahli gizi Dokter Tan Shot Yen dalam sebuah video di Youtube mengatakan pukul 10.00 merupakan waktu yang paling tepat," kata Yahdi Basma, Anggota DPRD Sulteng dari Fraksi Partai Nasdem, mengutip dr Tan, Selasa (31/3/2020).

Menurut Yahdi, pada jam 10 pagi tersebut, matahari akan memancarkan ultraviolet B. “UV B ini gelombangnya lebih pendek. Kita harus tunggu sedikit mataharinya naik. Jadi, di khatulistiwa sekitar jam 10 sudah ada,” ujar Yahdi, masih mengutup penjelasan dr Tan.

Ketika ultraviolet B masuk ke tubuh, sinar matahari membawa provitamin B3. "Bersama dengan kolesterol di bawah kulit manusia, B3 akan membentuk D3. “Vitamin inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh manusia,” ucapnya.

Vitamin D3 juga memiliki fungsi lain, yaitu mencegah kanker dan penyakit autoimun. Jadi, konsep berjemur sebenarnya bukan mematikan virus corona. Namun, meningkatkan imunitas tubuh agar mampu melawan virus.

Terkait itulah, Yahdi bersama beberapa  anggota DPRD lainnya, secara gencar mempromosikan tips sehat dari dr Tan tersebut kepada masyarakat. 

Mulai dari lingkungan kecilnya di permukiman padat penduduk di BTN Palupi Permai, Yahdi bersama tokoh masyarakat setempat saling meningatkan tentang pentingnya berjemur diri di jam 10.00 WIT.

"Bersama Bung Yahdi dan kawan-kawan, ada Pak Anto, Abah, Pak Haji Andi, dan warga sekitar di sini, kami mau biasakan berjemur diri di jam 10.00 pagi. Ya selama sekitar 15 menit saja sambil  bersendagurau agar sehat fisik dan rohani," kata Papa Fadel, tokoh masyarakat lainnya di BTN Palupi Permat, Kota Palu.



Sumber: BeritaSatu.com