Penanganan Virus Corona, Polri Dukung Penuh Jika Darurat Sipil Diterapkan

Penanganan Virus Corona, Polri Dukung Penuh Jika Darurat Sipil Diterapkan
Jenderal Idham Aziz. ( Foto: Antara )
Carlos KY Paath / FMB Selasa, 31 Maret 2020 | 13:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Kapolri Jenderal Idham Azis menegaskan Polri mendukung penuh setiap kebijakan pemerintah terkait penanganan virus corona jenis baru atau Covid-19. Begitu juga apabila nantinya diputuskan penerapan darurat sipil.

“Pemberlakuan darurat sipil mendasari Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 23/1959 tentang Keadaan Bahaya. Polri mendukung penuh setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah, termasuk diterapkannya darurat sipil dalam rangka menangani Covid-19,” kata Idham.

Hal itu disampaikan Idham saat rapat kerja (raker) Komisi III DPR dengan Kapolri dan Kapolda seluruh Indonesia secara daring, Selasa (31/3/2020). “Penerapan darurat sipil sejalan dengan maklumat Kapolri,” tegas Idham.

Idham menyatakan Polri akan bertindak sesuai kebijakan yang dikeluarkan oleh penguasa darurat sipil. “Selama kebijakan tersebut tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan serta dilakukan demi keamanan dan keselamatan masyarakat,” ujar Idham.

Akan tetapi, Idham menambahkan, belum ada keputusan mengenai darurat sipil. “Sampai hari ini belum diputuskan apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Kami mengikuti apa yang menjadi arah dan kebijakan pemerintah,” imbuh Idham.



Sumber: BeritaSatu.com