Pemprov Jateng Sediakan Nasi Kotak Gratis untuk Sopir Ojol

Pemprov Jateng Sediakan Nasi Kotak Gratis untuk Sopir Ojol
Para sopir ojol antre mengambil makan siang gratis dari Pemprov Jateng, Selasa (31/3). Titik pengambilan di depan gerbang Kantor Pemprov Jateng di Semarang, mulai sejak pukul 11.00 WIB. Dikirim dari Yahoo Mail di Android ( Foto: Istimewa )
Stefi Tenu / JEM Selasa, 31 Maret 2020 | 13:37 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng), mulai Selasa (31/3/2020), memberikan bantuan nasi kotak (bungkus) secara gratis kepada sopir ojek online (ojol). Aksi sosial itu dijadwalkan berlangsung selama dua pekan.

Aksi bermula dari keprihatinan wabah virus Corona yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia berdampak terhadap ekonomi kecil termasuk ojek online.

Hal itu karena pembatasan aktifitas masyarakat yang mengakibatkan minimnya orderan. Meski sepi order, mereka tetap nekat bekerja di tengah maraknya wabah virus corona. Pendapatan mereka pun menurun drastis.

Titik pengambilan di depan gerbang Kantor Pemprov Jateng. Dimulai sejak pukul 11.00 WIB, 1000 nasi kota habis dalam waktu 30 menit.

"Bantuan ini cukup mengurangi beban para tukang ojek online. Orderan kami sepi, sejak wabah corona terhadi," tutur Sugeng, salah seorang Ojol di Kota Semarang.

Menurutnya, orderan mulai sepi sejak akhir Januari dan terus menurun hingga Maret. Bahkan, ia bekerja dengan rasa was-was dengan ancaman virus itu.

"Kami selalu was-was, apalagi kalau dapat orderan di rumah sakit, bandara, stasiun. Ya, selalu pakai masker. Kalau tidak kerja bagaimana, gak dapat uang," lanjutnya.

Trisnoto, Ojol lain juga mengeluhkan pendapatannya yang menurun drastis. Dari hari normal bisa mencapai 17 orderan per harinya. Kini, ia paling banyak menerima order 5 kali per hari.

"Sepi, hanya dapat lima kali order per hari. Kalau hari normal biasanya bisa sampai 17 kali," keluhnya.

Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Tengah, Edy Supriyanta mengatakan, bantuan tersebut merupakan inisiatif Pemprov Jateng dan gubernur Ganjar Pranowo.

"Hari ini ada sekitar 1000 nasi kotak yang diberikan kepada para ojek online, karena terdampak virus Corona," ujar Edy.

Pemberian bantuan nasi kotak akan dilakukan selama dua pekan ke depan.

"Hari ini 1000, besok rencananya ada 1500 nasi kotak. Mengenai anggaran dari APBD dan bantuan PNS," tandasnya. 



Sumber: BeritaSatu.com