Langkah Karantina Wilayah, Pelabuhan Kualatungkal Jambi Ditutup

Langkah Karantina Wilayah, Pelabuhan Kualatungkal Jambi Ditutup
Kebijakan untuk Desa Terkait Penularan Virus Corona ( Foto: Youtube.com/BeritaSatu / BSTV )
Radesman Saragih / JEM Selasa, 31 Maret 2020 | 13:46 WIB

Jambi, Beritasatu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjungjabung Barat (Tanjabbar), Provinsi Jambi menutup pelabuhan laut Kualatungkal, Tanjabbar untuk kapal penumpang mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) ke daerah itu. Langkah awal lockdown (karantina wilayah) tersebut dilakukan terhitung Rabu (1/4/2020).

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Tanjabbar, Agus Sanusi di Jambi, Senin (30/3/2020) mengatakan, sebelum mengambil kebijakan penutupan pelabuhan Kualatungkal, pihaknya sudah menyampaikan surat permohonan kepada Kementerian Perhubungan di Jakarta.

“Pihak Kementerian Perhubungan menyetujui surat permohonan kami tersebut. Surat persetujuan tersebut sudah kami terima. Karena itu kami mulai melakukan penutupan pelabuhan Kualatungkal untuk kapal penumpang mulai Rabu (1/4/2020). Pelabuhan tersebut hanya melayani kapal barang, khususnya kebutuhan pokok” katanya.

Dikatakan, pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjabbar melalui surat Nomor 550/210/Dishu/2020 tanggal 27 Maret 2020 tentang Antisipasi Pencegahan Covid-19 di Pelabuhan Ro-Ro Kualatungkal, meminta pihak Angkutan Sungai Danau dan Pelabuhan (ASDP) Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menghentikan kegiatan kapal penumpang Batam – Kualatungkal.

Selanjutnya, kata Agus Sanusi, pihak ASDP Batam, Kepri sudah memberikan surat edaran kepada para pengusaha angkutan laut atau Roll on Roll off (Roro) Batam – Kualatungkal untuk menghentikan pelayanan penumpang mulai Rabu (1/4/2020) hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sedangkan pelayanan kapal Batam – Kualatungkal untuk angkutan barang dan kebutuhan pokok tetap diperbolehkan.

Perbatasan Jalintim

Sementara itu Satuan Gabungan Polres Tanjabbar dan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jambi memperketat pengawasan orang masuk di perbatasan Jambi – Riau, mulai Senin (30/3/2020) sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona. Seluruh penumpang bus, minibus, truk dan pengendara sepeda motor yang hendak masuk ke Jambi dari arah Riau menjalani pemeriksaan kesehatan di Posko Penanganan Covid-19 Jambi, di Kecamatan Batang Asam, Kabupaten Tanjabbar.

“Untuk mengetahui kondisi kesehatan penumpang, seluruh penumpang kami minta turun mobil. Lalu mereka mencuci tangan dengan sabun dan air, kemudian baru menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan. Barang-barang penumpang, bus, minibus, truk dan sepeda motor juga turut disemprot disinfektan,”kata Kapolres Tanjabbar Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Guntur Saputro di Tanjabbar, Senin (30/3/2020).

Dijelaskan, pemeriksaan penumpang bus, minibus, truk dan pengendara sepeda motor di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera, wilayah Tanjabbar tersebut dilakukan di bilik sterilisasi. Setelah menjalani pemeriksaan kesehatan, identitas seluruh penumpang dan pengendara sepeda motor juga dilakukan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan penumpang dan pengendara di Posko Penanganan Covid – 19 Jalintim Sumatera, Tanjabbar, Jambi, hari ini, Senin (30/3/2020), tidak ada penumpang maupun pengendara yang terindikasi atau mengalami gejala terinfeksi virus corona,”katanya.  



Sumber: BeritaSatu.com