Jokowi Teken PP PSBB dan Keppres Kedaruratan Kesehatan Masyarakat

Jokowi Teken PP PSBB dan Keppres Kedaruratan Kesehatan Masyarakat
Joko Widodo. (Foto: Antara / Sigid Kurniawan)
Lenny Tristia Tambun / JAS Selasa, 31 Maret 2020 | 15:43 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Keputusan Presiden (Keppres) tentang Status Kedaruratan Kesehatan Masyarakat pada hari ini, Selasa (31/3/2020).

“Pemerintah juga sudah menerbitkan PP tentang PSBB dan Keppres tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat untuk melaksanakan Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan,” kata Jokowi dalam konferensi pers yang digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (31/3/2020).

Kedua aturan ini akan mulai berlaku hari ini sebagai upaya pemerintah dalam pencegahan penyebaran virus corona di Indonesia. Diungkapkannya, PP dan Keppres tersebut yang baru ditandatanganinya hari ini, dapat segera mulai efektif berjalan hari ini juga.

“Oleh sebab itu, saya berharap provinsi, kabupaten, kota, sesuai UU yang ada silakan berkoordinasi dengan Ketua Satgas (Kepala Gugus Tugas) Covid-19, agar semuanya kita memiliki aturan main yang sama, yaitu UU, PP dan Keppres yang baru saja saya telah tanda tangani,” terang Jokowi.

Dengan diterbitkannya PP dan Keppres ini, Jokowi juga mengharapkan kepala daerah tidak lagi membuat kebijakan sendiri yang tidak terkoordinasi. Karena semua kebijakan yang diambil daerah harus sesuai dengan peraturan yang ada yakni, UU Nomor 6 tahun 2018, PP PSBB dan Keppres Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat.

”Dengan terbitnya PP dan Keppres ini, semuanya menjadi jelas. Kepala daerah tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri yang tidak terkoordinasi. Semua kebijakan di daerah harus sesuai dengan peraturan, berada dalam koridor UU dan PP dan Keppres tersebut,” tegas Jokowi.



Sumber: BeritaSatu.com