Sudah 32 Provinsi Terpapar Virus Corona

Sudah 32 Provinsi Terpapar Virus Corona
Ilustrasi pasien yang diduga terinfeksi virus "corona". ( Foto: Antara )
Dina Manafe / JAS Selasa, 31 Maret 2020 | 17:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Provinsi yang terpapar virus ini kini bertambah 1, sehingga tersebar di 32 provinsi. Provinsi Bengkulu akhirnya melaporkan 1 kasus positif hari ini. Tersisa 2 provinsi yang belum melaporkan kasus positif, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Gorontalo.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengungkapkan hal tersebut dalam konferensi pers yang disampaikan lewat telekonferensi di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Achmad Yurianto juga meminta masyarakat untuk menunda perjalanan mudik pulang ke kampung halaman. Sebab, virus corona asal Wuhan, Tiongkok ini akan pindah bersamaan dengan pergerakan orang yang terinfeksi.

“Manusialah yang membawanya. Oleh karena itu kita yakinkan bahwa benteng paling aman dari seranagn virus ini adalah rumah kita,”kata Yurianto.

Sementara itu, jumlah kasus yang positif terus meningkat signifikan. Ada penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 114 kasus. Sehingga total kasus per hari ini, Selasa (31/3) menjadi 1.528 kasus. Meningkat dari sehari sebelumnya sebanyak 1.285 kasus.

Kemudian ada 6 penderita yang sudah sembuh, sehingga menjadi 81 orang sembuh. Sementara ada 14 kasus kematian yang baru, sehingga menjadi 136 kasus yang meninggal.

“Kasus kematian ini adalah kasus kematian dari penderita konfirmasi positif Covid-19,” kata Achmad Yurianto.

Yurianto kembali mengingatkan bahwa keberhasilan penanganan Covid-19 terletak pada kita semua. Oleh karena itu, patuhi betul menjaga jarak dalam berkomunikasi dengan siapa pun lebih dari 2 meter. Membiasakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Upayakan aman dan produktif di rumah.



Sumber: BeritaSatu.com