RS Darurat Pulau Galang Beroperasi Senin

RS Darurat Pulau Galang Beroperasi Senin
Pulau Galang ( Foto: istimewa )
Novy Lumanauw/Lenny Tambun / HS Rabu, 1 April 2020 | 13:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah melakukan peninjauan kesiapan pembangunan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Rumah Sakit (RS) Darurat di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau sudah bisa beroperasi pada Senin (6/4/2020) pekan depan.

“Ini maksimal, Senin sudah bisa dioperasikan,” kata Jokowi seusai melakukan peninjauan RS Darurat di Pulau Galang, Rabu (1/4/2020).

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Diakuinya, memang ada sedikit keterlambatan dalam penyelesaian pembangunan RS Darurat yang dibangun di bekas kamp penampungan Vietnam ini. “Memang ada keterlambatan 3-4 hari,” ujar Jokowi.

Keterlambatan pembangunan menjadi tersebut dikarenakan kendala cuaca dalam pengiriman bahan material ke Pulau Galang. “Karena ada transportasi bahan material yang terkendala karena cuaca,” ungkap Jokowi.

Selain untuk merawat pasien Covid-19, Rumah Sakit Darurat Pulau Galang itu juga akan menjadi rumah sakit penyakit menular dan riset.

Sebelumnya, sesampai di lokasi RS Darurat Pulau Galang, Jokowi langsung mendapatkan laporan pembanganan fisik RS Darurat di bekas kamp penampungan Vietnam ini sudah hampir 100 persen, atau sudah hampir selesai.

Disebutkan, pembangunan RS Darurat Pulau Galang dilakukan diatas lahan seluas 16 hektare (ha). Dengan rincian, pembangunan Zona A seluas 2,4 ha dan Zona B seluas 13,6 ha.

Sementara pembangunan untuk fasilitas dan sarana prasana kesehatan dibagi menjadi tiga zona. Dengan rincian, Zona A untuk mess pegawai, perawat dan dokter dengan jumlah 158 tempat tidur.



Sumber: BeritaSatu.com