Percepat Penanganan Corona, Ombudsman Dukung Penerapan PSBB

Percepat Penanganan Corona, Ombudsman Dukung Penerapan PSBB
Anggota Ombudsman RI, Ahmad Alamsyah Saragih (kiri) memberi keterangan kepada media, di gedung Ombudsman RI, Jakarta, Senin, 4 Februari 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Yeremia Sukoyo / FER Rabu, 1 April 2020 | 18:40 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ombudsman Republik Indonesia (ORI), sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik, menghormati upaya pemerintah dalam merespon situasi penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Ombudsman Ingatkan Pejabat Hentikan Kegiatan Seremonial

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagaimana diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

Anggota Ombudsman, Ahmad Alamsyah Saragih, menegaskan, laju penyebaran virus corona sangat memerlukan respon cepat dari pemerintah. Utamanya dalam mengambil keputusan maupun mengeksekusi keputusan yang telah diambil.

"Untuk itu memang diperlukan langkah cepat dan sistematis dalam menangani beberapa perkembangan," kata Ahmad Alamsyah Saragih, di Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Baca Juga: PSBB Sudah Menampung Tuntutan Lockdown

Dalam kesempatan itu, Ombudsman juga menyoroti sejumlah persoalan yang dihadapi pemerintah dalam penanganan penyebaran wabah Covid-19. Diantaranya, masih adanya permasalahan perbedaan statistik angka dan jumlah korban antara pusat dan daerah.

"Ombudsman dapat memahami bahwa tidak ada statistik yang sempurna dalam situasi wabah yang meluas dengan cepat melampaui kapasitas yang tersedia. Untuk itu diperlukan sistem pengumpulan, verifikasi, dan otorisasi data real time yang terintegrasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam satu sistem surveillance," tandas Ahmad Alamsyah Saragih.

 

 



Sumber: BeritaSatu.com