Donasi Masyarakat untuk Covid-19 Mencapai Rp 66,5 Miliar

Donasi Masyarakat untuk Covid-19 Mencapai Rp 66,5 Miliar
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. ( Foto: ANTARA FOTO / Nova Wahyudi )
Ari Supriyanti Rikin / FER Rabu, 1 April 2020 | 20:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gugus Tugas Nasional mengapresiasi kepedulian masyarakat secara pribadi maupun kelompok yang telah berdonasi mencapai lebih dari Rp 66,5 miliar guna membantu pemerintah melawan virus corona (Covid-19).

Baca Juga: Mahasiswa UI Ciptakan Aplikasi Asesmen Risiko Covid-19

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, pemerintah gerak cepat dalam menangani penyebaran penularan Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan pembatasan sosial skala besar.

Terkait penanganan Covid-19, hingga saat ini pun sudah lebih dari 5.000 petugas kesehatan yang dilibatkan untuk penyelidikan epidemiologi terhadap penyebaran virus yang sudah menjadi pandemi dunia ini. Selain itu, sebanyak 475.200 kit rapid test atau pemeriksaan cepat sudah didistribusikan ke Dinas Kesehatan Provinsi.

"Lebih dari 6.500 spesimen atau sampel sudah dikirim ke 34 laboratorium yang digunakan untuk menguji dan diagnosa polymerase chain reaction (PCR). Hal ini tentu memakan energi dan sumber daya yang banyak, hal ini akan terus kita lakukan," kata Yurianto dalam telekonferensi di Kantor BNPB, Jakarta, Rabu (1/4/2020).

Baca Juga: Percepat Penanganan Corona, PSBB Paling Rasional

Yurianto menyebutkan, pemerintah akan lebih agresif untuk menemukan kasus baru, isolasi dan memutus tegas rantai penularan yang lebih luas di masyarakat.

"Lebih dari 349.000 alat pelindung diri (APD) telah didistribusi dan akan terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan yang berada di lini terdepan," ucapnya.

Sebanyak 360 rumah sakit rujukan yang terdiri dari rumah sakit pemerintah, TNI, Polri, BUMN, dan swasta sudah dikerahkan. "Permasalahan serius ini harus ditangani terintegrasi," tandas Yurianto.

 



Sumber: BeritaSatu.com