Logo BeritaSatu

Pemeriksaan Berlapis untuk Pendatang di Seluruh Pintu Masuk ke Jambi

Kamis, 2 April 2020 | 08:54 WIB
Oleh : Radesman Saragih / LES

Jambi, Beritasatu.com - Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 se-Provinsi Jambi melakukan pemeriksaan kesehatan secara berlapis terhadap orang yang masuk, dan yang keluar ke provinsi tersebut sejak Rabu (1/4/2020). Selain diperiksa di posko–posko penanganan Covid–19 Provinsi Jambi, para pendatang maupun yang keluar dari Jambi juga menjalani pemeriksaan kesehatan di posko–posko penanganan Covid-19 kota dan kabupaten.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Jambi, Irjen Polisi Firman Shantyabudi ketika meninjau Posko Covid-19 Provinsi Jambi bersama Gubernur Jambi, Fachrori Umar di perbatasan Provinsi Jambi – Sumatera Selatan, Desa Suka Damai RT 1 Rimba Jaya, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Rabu.

Menurut Firman Shantyabudi, pemeriksaan berlapis dan ketat terhadap pendatang ke Jambi dan orang yang keluar dari Jambi dilakukan menyusul keluarnya kebijakan Presiden Joko Widodo mengenai pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran virus corona.

“Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi melakukan pemeriksaan kesehatan para pendatang ke Jambi maupun orang yang pergi dari Jambi di beberapa pintu – pintu masuk ke Provinsi Jambi. Baik pintu melalui jalur udara, darat, sungai dan maupun laut,”katanya.

Dijelaskan Kapolda, pintu masuk ke Provinsi Jambi yang diawasi ketat antara lain, perbatasan Jambi – Sumatera Selatan, Jambi – Riau, Jambi – Sumatera Barat, Kabupaten Kerinci, Jambi – Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Talangduku, Kabuapten Muarojambi – Kota Jambi, pelabuhan laut Kualatungkal, Tanjungjabung Barat – Batam, Kepulauan Riau, Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi dan Bandara Depati Parbo, Kerinci. Jumlah petugas yang disiagakan di setiap Posko Covid-19 Provinsi Jambi mencapai 96 orang. Mereka terdiri dari anggota TNI 20 orang, Polri (42 orang), dinas perhubungan (20 orang), petugas kesehatan (8 orang) dan BPBD (6 orang).

“Semua perbatasan ini kita lakukan pemeriksaan terhadap warga yang datang dan pergi, guna memastikan pemeriksaan dengan baik dan tidak terinfeksi corona,"katanya.

Sementara itu Gubernur Jambi, Fachrori Umar pada kesempatan tersebut mengatakan, proteksi ketat di wilayah perbatasan menjadi salah satu upaya untuk menyetop penyebaran Covid-19.

“Semua kendaraan yang melintas wajib berhenti untuk diperiksa, penumpang dan supirnya, termasuk masyarakat yang melintas batas provinsi tersebut, wajib dicek kesehatannya oleh aparat gabungan. Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi pengecekan suhu badan serta pengecekan kesehatan ringan lainnya, dan juga penyemprotan disinfektan,”paparnya.

Fachrori mengatakan, dengan adanya posko kesehatan di perbatasan ini, masyarakat diharapkan sadar akan pentingnya pengecekan kesehatan, terutama warga yang baru pulang dari perantauan. Pemeriksaan kesehatan pendatang di daerah perbatasan di Jambi diharapkan dapat mencegah penularan Covid-19 melalui pemudik yang pulang kampung.

“Pemeriksaan orang datang dan pergi di batas-batas wilayah Jambi ini penting karena Jambi merupakan wilayah jalur lintas Sumatera dari arah Jawa menuju Padang, Sumatera Barat, Pekanbaru, Provinsi Riau, Bengkulu, Medan, Provinsi Sumatera Utara dan Provinsi Nangroe Aceh Darussalam,”katanya.

Untuk mengawasi pendatang di Jambi, lanjut Fachrori Umar, seluruh Ketua Rukun tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di Provinsi Jambi diminta mengawasi warga yang baru datang di wilayah mereka. Peranan RT dan RW penting mengawasi warga karena mereka lebih tahu ada tidaknya warga pendatang di lingkungan mereka.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Peretasan Redaksi, Narasi TV Lapor ke Bareskrim

Narasi TV melaporkan ke Bareskrim Polri terkait dengan peretasan terhadap beragam platform yang digunakan belasan awak redaksi Narasi, Jumat (30/9/2022).

NEWS | 30 September 2022

Ketegasan Moeldoko dalam Kasus Lukas Enembe Dapat Dukungan

Ketegasan yang ditunjukkan Moeldoko terkait kasus yang membelit Gubernur Papua Lukas Enembe mendapatkan dukungan penuh dari IBSW.

NEWS | 30 September 2022

PBNU: Indonesia Ajak Dunia Gotong-Royong Atasi Konflik

Ketua Umum PBNU menyatakan Indonesia mengajak para pemimpin agama sedunia bergotong-royong mengatasi konflik yang mengatasnamakan agama pada forum R-20.

NEWS | 30 September 2022

Aplikasi Social Spy Bisa Sadap Whatsapp? Ini Faktanya

Klaim bahwa aplikasi Social Spy mampu menyadap pesan yang diterima WhatsApp adalah disinformasi alias tidak benar. 

NEWS | 30 September 2022

Copot Aswanto sebagai Hakim MK, DPR Dinilai Langgar UU

Setara Institute menilai langkah DPR mencopot Aswanto sebagai hakim MK telah melanggar undang-undang dan merusak independensi hakim.

NEWS | 30 September 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 di Jakarta sampai 30 September 2022

Pergerakan kasus positif dan kematian Covid-19 di Jakarta sampai 30 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 30 September 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 30 September 2022

Infografik penerima vaksin Covid-19 sampai 30 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 30 September 2022

Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia sampai 30 September 2022

Infografik kasus aktif Covid-19 sampai 30 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 30 September 2022

Prevalensi Tertinggi Covid-19 di 10 Provinsi pada 30 September

Infografik prevalensi tertinggi Covid-19 di 10 provinsi pada 30 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 30 September 2022

Data Positivity Rate Covid-19 sampai 30 September 2022

Infografik positivity rate Covid-19 sampai 30 September 2022 berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Peretasan Redaksi, Narasi TV Lapor ke Bareskrim

Peretasan Redaksi, Narasi TV Lapor ke Bareskrim

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings