Perangi Covid-19, Wastafel Portabel Dipasang di 16 Pasar Tradisional Kota Semarang

Perangi Covid-19, Wastafel Portabel Dipasang di 16 Pasar Tradisional Kota Semarang
Kota Semarang, Jateng, mulai Kamis (2/4/2020)dilengkapi wastafel portabel yang diletakkan di 16 titik pasar tradisional untuk memerangi pandemi Covid-19. Wastafel partabel dipasang di berbagai titik di Semarang sehingga memudahkan masyarakat untuk menggunakannya. ( Foto: Istimewa )
Stefi Tenu / JEM Kamis, 2 April 2020 | 12:53 WIB

Semarang, Beritasatu.com - Kota Semarang kini dilengkapi wastafel portabel yang diletakkan di 16 titik pasar tradisional. Wastafel portabel merupakan bantuan PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) IV Jateng & DIY.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan bahwa pemerintah kota mengapresiasi tindakan aktif Pertamina melalui anggaran CSR-nya yang turut membantu pemerintah dalam upaya pencegahan tersebarnya virus Covid-19.

“Terima kasih pertamina telah membantu pemerintah kota dan masyarakat untuk sama sama memerangi covid-19, kami akan menjaga bersama sama fasilitas ini agar bermanfaat untuk warga semarang” ujar Hendrar.

Dalam program wastafel portabel ini, Pertamina turut menggandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Semarang sebagai pelaksana program. Ke depannya bantuan ini akan dikelola oleh Pemkot Semarang.

Melalui bantuan ini, Pertamina berharap agar fasilitas kebersihan khususnya dalam masa wabah Covid-19 dapat lebih mudah diakses serta semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk rajin mencuci tangan.

General Manager MOR IV, Iin Febrian mengungkapkan, bantuan wastafel portable ini merupakan kelanjutan dari berbagai upaya dan program yang telah dilakukan Pertamina guna mendukung pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Adapun 16 wastafel portable ini akan ditempatkan di lokasi yang seringkali dikunjungi masyarakat diantaranya Pasar Genuk, Pasar Ikan Semarang Utara, Pasar Banyumanik, Kota Lama, Pasar ngaliyan dan beberapa pasar lainnya.

“Sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan pemerintah kota untuk penempatan wastafel portable ini dan ke enam belas unit wastafel portable ini akan ditempatkan di pasar-pasar Semarang. Bantuan ini pula merupakan kelanjutan dari bantuan atau program pencegahan penyebaran Covid-19 salah satunya penyediaan hand sanitizer di armada BRT Trans Semarang.” jelas Iin.

Iin juga menuturkan, alasan Pasar Tradisional menjadi lokasi yang dipilih untuk penempatan wastafel portabel karena ditengah pandemi Covid-19 dan penurunan aktivitas diluar rumah, Pasar merupakan lokasi yang tetap dikunjungi masyarakat, sehingga untuk mengurangi resiko penularan Covid-19 ini kebersihan dan budaya mencuci tangan menjadi hal yang sangat penting.  



Sumber: BeritaSatu.com