Mewabah di Setukpa, Akpol Giatkan Pencegahan Covid-19

Mewabah di Setukpa, Akpol Giatkan Pencegahan Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Foto: AFP)
Farouk Arnaz / YS Kamis, 2 April 2020 | 13:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com — Covid-19 yang mewabah dan menjangkiti sedikitnya 300 siswa didik calon perwira Setukpa di Sukabumi membuat Akademi Kepolisian (Akpol) ikut waspada.

Saat ini, sama seperti di Sukabumi, ada ribuan calon perwira Polri yang dididik di Akpol. Tepatnya ada 1.099 taruna yang dididik di sana dari tingkat 1 hingga 4.

Menurut Gubernur Akpo Irjen Fiandar, ada beberapa hal yang mereka lakukan dalam ikhtiar mencegah penyebaran virus yang menyerang sistem pernafasan itu mengingat pendidikan masih berlangsung.

“Terapkan physical distancing. Baik di kelas, di lapangan olah raga, di tempat ibadah, dan asrama. Kita juga memasang bilik disinfektan di tiap batalayon,” kata Fiandar saat dihubungi Beritasatu.com Kamis (2/4/2020).

Juga dilakukan pemasangan tempat cuci tangan massal di tiap batalyon, penyemprotan disinfektan di seluruh kawasan Akpol secara berkala, dan memberi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Kita bagikan juga sabun batang dan sabun cair pada mereka, melarang keluar/pesiar/IBL, dan larangan menerima tamu sampai kondisi aman. Kita juga lakukan giat berjemur massal khususnya pada hari libur,” urainya.

Selain itu, penyemprotan disinfektan bagi bagi kendaraan yang masuk Akpol, pengurangan beban psikis dan fisik untuk menjaga imunitas, dan larangan saling bersentuhan antar taruna dan taruna dengan instruktur saat latihan bela diri.



Sumber: Suara Pembaruan