Pemblokiran Jalan, Jokowi Instruksikan Mendagri Tegur Kepala Daerah

Pemblokiran Jalan, Jokowi Instruksikan Mendagri Tegur Kepala Daerah
Joko Widodo. ( Foto: Antara )
Lenny Tristia Tambun / YS Kamis, 2 April 2020 | 14:21 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk menegur kepala daerah yang melakukan pemblokiran jalan sebagai kebijakan pencegahan paparan virus corona meluas ke daerahnya.

Karena pemblokiran jalan yang dilakukan kepala daerah tersebut akan mengganggu distribusi logistik kebutuhan pangan bagi masyarakat Indonesia.

“Saya harapkan Mendagri memberikan teguran kepada daerah yang blokir jalan-jalannya, agar urusan distribusi logistik ini tidak terganggu,” kata Jokowi saat membuka ratas kedua dengan topik persiapan menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1441 H melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (2/4/2020).

Instruksi tersebut disampaikannya, karena ia telah menerima laporan dari dua daerah yang distribusi komoditas beras terganggu karena adanya jalan-jalan yang menjadi jalur distribusi logistik ditutup pemerintah daerah setempat.

Sayangnya, Jokowi tidak menyebutkan nama dua daerah tersebut yang terganggu distribusi jalan akibat adanya pemblokiran jalan untuk pencegahan pandemi corona.

“Karena saya kemarin mendapatkan laporan dari dua daerah, urusan beras agak terganggu karena jalan yang tertutup. Tolong pemda (pemerintah daerah) diberitahu mengenai hal ini,” ujar Jokowi.