UMKM Mitra Pertamina Bantu 3.000 Paket Nutrisi untuk Tenaga Medis

UMKM Mitra Pertamina Bantu 3.000 Paket Nutrisi untuk Tenaga Medis
Paket Nutrisi UMKM di Semarang. ( Foto: beritasatu.com / Stefi Tenu )
Stefi Tenu / EHD Kamis, 2 April 2020 | 19:29 WIB

Semarang, Beritasatu.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang tergabung dalam Program Kemiteraan Pertamina memberi bantuan 3.000 paket nutrisi bagi tenaga medis yang bekerja di empat rumah sakit rujukan Covid-19 di Kota Semarang selama dua pekan kedepan terhitung mulai Kamis (2/4/2020).

Unit Manager Comm & CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti mengatakan, menurunnya omzet para pelaku UMKM terlebih dikarenakan adanya perlambatan perputaran uang imbas sepinya pembeli.

“Pertamina Marketing Operation Region IV yang saat ini tengah membina 969 UMKM di Jawa Tengah dan DIY berupaya untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan memadukan antara pembelian produk dan bantuan penanggulangan Covid-19. Kami memberikan stimulus kepada para UMKM yang dibina dengan cara membeli produk mereka untuk dijadikan bantuan nutrisi tambahan kepada para tenaga medis yang saat ini berjuang menanggulangi pasien Covid-19 khususnya di kota Semarang”, ungkap Anna.

Anna menambahkan, mitra binaan UMKM seperti warung nasi dan catering atau yang bergerak di bidang konveksi menjadi pilihan utama Pertamina untuk dikerjasamakan dalam bantuan tersebut.

Ini menjadi awal bagi kami untuk membantu UMKM yang kami bina dalam kondisi pandemi Covid-19, semoga kedepannya banyak UMKM yang bisa kami berdayakan baik untuk memasok bantuan CSR atau kami bantu dengan chanelling pemasarannya sehingga Pertamina bisa mencipatakan nilai (value) tambah yang positif untuk stakeholder atau yang biasa kita sebut dengan CSV (Creating Shared Value),” jelas Anna.

CSV sendiri merupakan suatu konsep turunan dari kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility), CSV mempunyai misi yang sama dengan CSR yaitu untuk misi sosial namun dengan pengaplikasian yang berbeda. CSV merupakan kegiatan yang menjadikan model bisnis (transaksi jual beli) yang mendatangkan laba (creating value) sebagai upaya perusahaan membantu menyelesaikan permasalahan sosial di sekitarnya.

Sementara itu, mitra binaan Pertamina pemilik usaha “Moko Konveksi”, Budi Turmoko, mengungkapkan bahwa dukungan dari Pertamina sangatlah membantu usahanya. “Di saat seperti ini para pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan yang cukup drastis. Setidaknya dengan adanya permintaan dari Pertamina inu kami diberikan harapan untuk tetap melanjutkan usaha”, ujar Budi.

Bantuan nutrisi berupa 2.800 paket makanan siap saji dan 200 botol madu untuk tenaga medis diberikan ke empat rumah sakit, yaitu RSUD K.R.M.T Wongsonegoro, RSUD Tugurejo, RSU Wiliam Both dan RSU Telogorejo.

Selain itu, juga diberikan 4.000 masker kain yang telah disterilkan untuk dibagikan kepada para pasien ataupun keluarga yang mendampingi di lokasi Rumah Sakit yang sama.

“Para tenaga medis di empat Rumah Sakit yang diberikan bantuan saat ini tengah menangani pasien PDP dan Positif Covid-19, sehingga kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan imunitas dan kesehatan mereka, sementara untuk masker yang dibagikan nantinya dapat bermanfaat mengurangi resiko penularan virus Covid-19” ujarnya.

Sebagai BUMN yang bergerak di sektor energi, Pertamina akan terus berupaya bersama masyarakat dan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di Jawa Tengah dan DIY. Beberapa hal telah dilakukan Pertamina sebagai bentuk upaya pencegahan tersebut seperti physical & social distancing di SPBU, sterilisasi tabung LPG hingga penyemprotan disinfektan di seluruh fasilitas BBM dan LPG.



Sumber: BeritaSatu.com