Seusai Bertemu Pimpinan MPR, Gugus Tugas Covid-19 Serukan Pesan Persatuan

Seusai Bertemu Pimpinan MPR, Gugus Tugas Covid-19 Serukan Pesan Persatuan
Doni Monardo ( Foto: defrizal / defrizal )
Markus Junianto Sihaloho / WM Kamis, 2 April 2020 | 16:51 WIB

 

 

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan pentingnya persatuan dan menghilangkan ego sektoral sebagai kunci utama penyelesaian pandemi corona yang sedang terjadi. Semua harus mau disiplin serta bekerja sama demi segera selesainya pandemi corona.

Hal itu menjadi salah satu hasil kesimpulan pertemuan Gugus Tugas yang rapat dengan MPR, di Kantor BNPB, di Jakarta, Kamis (2/4/2020). MPR datang dipimpin Ketua MPR Bambang Soesatyo, bersama Wakil Ketua Ahmad Basarah, Jazilul Fawaid, dan Arsul Sani. Hadir juga Dewan Pengarah Gugus Tugas yakni Menteri Sosial Juliari Batubara.

Menurut Doni, kehadiran MPR adalah dalam rangka memberikan support moril kepada Gugus Tugas sehingga bekerja lebih baik lagi. Dari hasil perbincangan, setidaknya ada empat poin kesimpulan utama.

Yang pertama, pentingnya peningkatan disiplin, baik disiplin individu maupun kolektif. Komunitas harus saling mengingatkan agar semuanya bisa terhindar dari ancaman virus ini.

"Termasuk juga langkah-langkah pencegahan harus jadi prioritas utama," kata Doni.

Kedua, menyangkut keterampilan petugas di lapangan, baik petugas medis termasuk pejabat di daerah. Gugus Tugas menilai bahwa para kepala desa punya peran besar memimpin upaya pencegahan agar warganya terhindar virus.

"Ketiga, menyangkut gotong royong, ini kekuatan utama kita. Jadi ketika kita menyerukan pencegahan bersama, ini adalah implementasi Pancasila," kata Doni.

"Keempat, masalah persatuan, pentingnya kita semua menanggalkan ego sektoral. Marilah bersatu padu mengikuti keputusan politik negara. Agar kita menjadi suatu kekuatan mendorong moril bangsa sehingga imunitas kita bagus sehingga bisa menangani apa yang terjadi," pungkasnya.



Sumber: BeritaSatu.com