MPR: Disiplin Jadi Kunci Cegah Meluasnya Covid-19

MPR: Disiplin Jadi Kunci Cegah Meluasnya Covid-19
Bambang Soesatyo ( Foto: Antara )
Markus Junianto Sihaloho / WM Kamis, 2 April 2020 | 16:59 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyatakan kedisiplinan warga masyarakat adalah kunci utama mencegah semakin berkembangnya Covid-19. MPR mengajak semua pihak bersama-sama melawan pandemi corona yang pasti bisa ditaklukkan.

Hal itu disampaikan Bamsoet, sapaan akrabnya, dalam pernyataan bersama usai pertemuan dengan jajaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang diketua Doni Monardo. Hadir juga Dewan Pengarah Gugus Tugas yakni Menteri Sosial Juliari Batubara. Dari MPR, Bamsoet ditemani Wakil Ketua Ahmad Basarah, Jazilul Fawaid, dan Arsul Sani. Rapat dilaksanakan di Kantor BNPB, di Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Bamsoet menyatakan, MPR mengapresiasi dan mendukung seluruh lapisan masyarakat yang sudah mengorbankan banyak hal dalam upaya memutus mata rantai Covid19.

"Saya ingin mengajak segenap elemen bangsa membangun optimisme bahwa kita pasti bisa melewati fase sulit ini. Adanya pasien sembuh membuktikan penyakit ini bisa kita taklukkan," kata Bamsoet.

"Saya mohon dukungan seluruh rakyat Indonesia terhadap kinerja Gugus Tugas. semakin masyarakat disiplin, semakin cepat kita terbebas dari Covid-19," tandasnya.

Lebih lanjut, Bamsoet juga menyinggung agar para menteri dan pejabat tampil di publik untuk menunjukkan negara hadir dan mampu menyelesaikan masalah.

Sebab sejauh ini, berdasar data 1 April, penyebaran Covid-19 masih mengkhawatirkan. Secara global ada 750 ribuan kasus dengan kematian 36 ribu. Di Indonesia, ada 1.677 kasus positif terinfeksi dengan 103 sembuh. Jumlah ini terus meningkat secara signifikan dan Bamsoet meyakini situasi butuk hanya bisa dihentikan dengan kedisiplinan warga negara dan gotong royong semua unsur negara.

Karena itu juga, MPR mengimbau masyarakat memperhatikan 5 hal kedisiplinan.

"Pertama di rumah saja, kedua dilarang berdekatan dan berkumpul. Ketiga, cuci tangan pakai sabun dan jangan menyentuh muka. Keempat, tidak mudik dan tidak piknik. Kelima jika sakit gunakan tele medicine dan datangi RS terdekat," ujar Bamsoet.

Dipastikan Bamsoet, MPR berkomitmen penuh memastikan pemerintah dan seluruh elemen bangsa bersatu padu melawan covid. secara khusus MPR juga memberikan penghargaan setingginya pada tenaga medis dan relawan yang berada di garda terdepan menangani Covid-19.



Sumber: BeritaSatu.com