Ketua MPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Subsidi Pelanggan 1300 VA

Ketua MPR Minta Pemerintah Pertimbangkan Subsidi Pelanggan 1300 VA
Bambang Soesatyo ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Markus Junianto Sihaloho / YS Jumat, 3 April 2020 | 14:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Pemerintah mempertimbangkan pemberian subsidi untuk pelanggan listrik 1300 VA, tidak sekadar 450 VA dan 900 VA seperti yang sudah diputuskan.

"Kami mendorong Pemerintah untuk juga mempertimbangkan pemberian keringanan biaya kepada pelanggan listrik 1300VA, dikarenakan tidak sedikit masyarakat yang menggunakan golongan listrik tersebut yang merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah/UMKM," kata Bamsoet, sapaan akrabnya, Jumat (3/4/2020).

Dia juga mendorong Pemerintah agar dapat mempertimbangkan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), agar biaya hidup masyarakat dapat berkurang dari pengeluaran BBM. Terutama bagi masyarakat menengah ke bawah, mengingat harga minyak dunia saat ini turun.

Bamsoet juga mendorong Pemerintah agar dapat memberikan keringanan pajak di sejumlah sektor yang terdampak wabah Covid-19, seperti di sektor transportasi, pariwisata, manufaktur, dan juga ritel.

Menurut Bamsoet, Pemerintah memang sudah memberi stimulus ekonomi untuk membantu warga kelas menengah bawah yang dinilai paling terdampak kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Tapi sebaiknya Pemerintah juga memperhatikan kebutuhan ekonomi masyarakat di luar kelompok tersebut. Sebab mereka juga terdampak signifikan oleh adanya wabah Covid-19.

Bagi Bamsoet, Pemerintah sebaiknya selalu berkomitmen untuk memperhatikan kebutuhan ekonomi masyarakat.

"Khususnya keberlangsungan usaha masyarakat, seperti UMKM. Caranya adalah dengan memberikan kebijakan yang dapat diterapkan secara optimal, efisien, dan realistis," kata Bamsoet.



Sumber: Suara Pembaruan