Di Jabar, Pemudik Sebabkan Warga Positif Covid-19

Di Jabar, Pemudik Sebabkan Warga Positif Covid-19
Kampanye "Jangan Mudik" ( Foto: istimewa )
Aditya L Djono / ALD Jumat, 3 April 2020 | 15:18 WIB

Bandung, Beritasatu.com – Kedatangan pemudik dari Jakarta membawa petaka bagi warga di daerah dalam situasi pandemi virus corona (Covid-19) saat ini. Di Jawa Barat, seorang warga lanjut usia (lansia) di Cimahi positif terpapar Covid-19 dan kini dalam kondisi kritis, setelah anaknya pulang kampung.

“Banyak pemudik yang tidak sehat. Ada laporan seorang lansia di Cimahi, kini dalam keadaan kritis karena terpapar Covid-19. Kami selidiki, itu terjadi setelah anaknya pulang mudik,” ungkap Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam telekonferensi dengan Wapres Ma’ruf Amin, membahas penanganan Covid-19, Jumat (3/4/2020).

Fakta ini, menurut Ridwan, membuktikan bahwa warga sebaiknya tidak mudik. Pihaknya terus mengedukasi agar warga Jabar di perantauan tidak memaksakan diri pulang ke kampung halamannya dalam situasi darurat penyebaran virus corona saat ini.

“Daerah akan kewalahan menangani dan melacaknya, karena pemudik langsung pulang ke kampung halamannya di pelosok-pelosok,” ujarnya.

Ridwan Kamil menambahkan, saat ini Pemprov Jabar tengah melakukan rapid test terhadap warga yang berstatus orang dalam pengawasan (ODP) agar bisa segera mengidentifikasi warga yang positif terinfeksi. Saat ini, sudah dilakukan rapid test terhadap 16.000 orang.

Di sisi lain, seluruh pemudik harus diperlakukan sebagai ODP. Saat ini, sekitar 70.000 pemudik telah masuk Jabar. “Artinya ada 70.000 ODP baru yang harus kami tes. Daerah akan makin kewalahan karena kekurangan alat tes,” jelasnya.



Sumber: BeritaSatu.com