Tiga Provinsi Ini Dinilai Paling Rentan Pandemi Covid-19

Tiga Provinsi Ini Dinilai Paling Rentan Pandemi Covid-19
Petugas Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyemprot cairan disinfektan guna mencegah virus corona atau Covid-19. (Foto: Antara)
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 3 April 2020 | 21:41 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Tiga provinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat paling rentan terhadap pandemi virus corona atau Covid-19.

Baca Juga: Kabar Baik, Pasien Corona yang Sembuh Meningkat

Sedangkan dari sisi layanan kesehatan terhadap jumlah penduduk, Jakarta paling baik. Berbeda dengan Jawa Barat dan Banten yang tidak didukung layanan kesehatan memadai.

Direktur Riset Katadata, Mulya Amri, menyatakan, ketiga provinsi tersebut menanggung risiko dari mobilitas penduduk yang tinggi, karakteristik wilayah dengan penduduk padat dan kualitas udara yang buruk.

"Lalu lintas penduduk yang tinggi membuat tiga provinsi tersebut menjadi rentan terhadap penyebaran Covid-19,” kata Mulya Amri, dalam video conference, di Jkaarta, Jumat (3/4/2020).

Baca Juga: Di Jabar, Pemudik Sebabkan Warga Positif Covid-19

Menurut Mulya, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat mendapat skor kerentanan yang saling berdekatan karena terkait dalam kawasan megapolitan Jabodetabek.

Kawasan ini menampung lebih 10 persen jumlah penduduk Indonesia dalam kepadatan mendekati 5.000 orang per kilometer persegi (km2). Skor ketiga provinsi ini juga jauh lebih tinggi daripada skor provinsi yang paling rentan berikutnya, yaitu Kepulauan Riau.

Menurut Mulya, indeks kerentanan ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat.

Baca Juga: Anies Apresiasi Bantuan Liga Muslim Dunia

Untuk provinsi dengan tingkat mobilitas tinggi dan padat penduduk yaitu DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, penanganannya lebih tepat dengan physical distancing (jaga jarak fisik) dan pembatasan aktivitas di luar rumah.

Adapun provinsi dengan layanan kesehatan paling baik relatif terhadap jumlah penduduknya adalah DKI Jakarta, Sulawesi Utara, dan Papua Barat.

Sebaliknya, Jawa Barat dan Banten yang merupakan provinsi dengan kerentanan tinggi terhadap Covid-19, ternyata tidak didukung oleh layanan kesehatan yang memadai. "Ini akan menjadi tantangan bagi provinsi-provinsi tersebut dalam menghadapi Covid-19,” kata Mulya.

Baca Juga: Stimulus Virus Corona Harus Segera Dieksekusi

Mulya menambahkan, adanya keunikan pada provinsi-provinsi dengan layanan kesehatan terendah adalah Jawa Barat, Lampung, dan Banten, yang notabene bukan provinsi miskin.

"Namun, karena memiliki jumlah penduduk yang besar, provinsi-provinsi ini berpotensi mengalami tekanan pada anggaran kesehatan dan fasilitas kesehatan publik, terutama pada saat wabah Covid-19 ini," pungkas Mulya.



Sumber: BeritaSatu.com