Cegah Covid-19, Forkopimda Bogor Lakukan Sosialisasi Simpatik di Jalur Puncak

Cegah Covid-19, Forkopimda Bogor Lakukan Sosialisasi Simpatik di Jalur Puncak
Seorang petugas sedang mengukur suhu pengendara yang melintas di jalur Puncak, Sabtu, 4 April 2020. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Rully Satriadi / RSAT Sabtu, 4 April 2020 | 19:40 WIB

Cisarua, Beritasatu.com - Bupati, Kapolres, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan sosialisasi simpatik sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Bogor. Kegiatan dilaksanakan secara serentak di beberapa titik seperti Cibinong, Cisarua (Puncak Pas), Cigombong, dan Gadog.

Kegiatan ini ditujukan kepada seluruh masyarakat yang melintas melalui jalur Puncak dalam rangka mendukung program pemerintah pusat untuk tidak melakukan aktifitas di luar,  melakukan physical distancing atau pembatasan jarak secara fisik, serta tetap berada di rumah (stay at home) apabila tidak ada kegiatan yang penting atau mendesak.

“Kami mengimbau warga untuk tetap berada di rumah, dan melakukan isolasi secara mandiri di rumah jika baru datang dari lokasi red zone. Jika mengalami gejala-gejala khusus, kami juga membagikan pamflet yang berisi prosedur protokol kesehatan dan nomer penting,” ujar Kapolres Bogor AKBP Roland di Pos Lantas Gadog Bogor, Sabtu (4/4/2020).

Roland mengatakan selain dirinya, Bupati juga turun langsung untuk memberikan imbauan kepada masyarakat yang melintas di jalur Puncak.

Selain memberikan imbauan, Forkopimda Bogor juga melaksanakan pengecekan suhu tubuh, membagikan pamflet berisi nomer penting dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi, masker, hand sanitizer, dan penyemprotan disinfectant ke bagian kendaraan yang melintas di lokasi kegiatan.

Disebutkan bagi warga yang memang masih bekerja di luar, agar setelah sampai di rumah bisa melepas pakaian, melakukan cuci tangan, pembersihan diri dan mandi, kemudian pakaian dicuci dengan standar-standar tertentu sesuai dengan protokol kesehatan demi menghindari penyebaran virus tersebut. “Sayangi keluarga kita di rumah,” imbuh Roland.

Hingga saat ini, Forkopimda Bogor juga masih berupaya menekan penyebaran Covid-19. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara terus menerus, khususnya di kawasan jalur puncak.

Di tempat terpisah Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli menambahkan informasi terkait jalur lalu lintas di wilayah Kabupaten Bogor masih normal semua, tidak ada penutupan jalan.

“Kami berpegang kepada arahan pimpinan dan pemerintah pusat, tidak ada penutupan ataupun penyekatan jalan utama maupun jalan tol oleh petugas sebelum ada arahan lebih lanjut. Sampai saat ini jalur di wilayah Kabupaten Bogor masih normal.” ujar Fadli.



Sumber: BeritaSatu.com