Plt Wali Kota Medan Dinyatakan Negatif Covid-19

Plt Wali Kota Medan Dinyatakan Negatif Covid-19
Akhyar Nasution. ( Foto: Istimewa )
Arnold H Sianturi / JAS Minggu, 5 April 2020 | 23:40 WIB

Medan, Beritasatu.com - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution, yang sebelumnya masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP), akhirnya dinyatakan negatif dari virus corona (Covid-19).

Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Aris Yudhariansyah mengungkapkan hal itu setelah keluar hasil pemeriksaan kesehatan terhadap Akhyar, Minggu (5/4/2020).

"Pemeriksaan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan menggunakan sample cairan dari saluran pernapasan bawah sebagai bahan pemeriksaan," kata Aris di Medan.

Aris mengatakan, metode pemeriksaan menggunakan PCR ini lebih akurat untuk memastikan seseorang itu terjangkit Covid-19 atau tidak. Termasuk ketika memeriksa kondisi kepala daerah tersebut.

"Dengan keluarnya hasil pemeriksaan kesehatan ini dan dinyatakan negatif Covid-19, maka Pak Akhyar dapat kembali melaksanakan aktivitas, termasuk dalam tugasnya," ujarnya.

Seperti yang diketahui, Akhyar kembali masuk dalam daftar ODP setelah Asisten Pemkot Medan, Musaddad, meninggal dunia. Hasil pemeriksaan sampel dari Balitbangkes, Musaddad meninggal karena positif corona.

Musaddad ditengarai terjangkit virus corona di Jakarta. Dia ikut Akhyar Nasution menghadiri rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Saat itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi belum dinyatakan positif Covid-19.

Akhyar Nasution kembali melakukan pemeriksaan kesehatan karena sempat melakukan kontak dengan Musaddad sebelum meninggal dunia. Saat itu, mereka mengikuti sejumlah agenda pemerintahan.



Sumber: BeritaSatu.com