Pemprov Bengkulu Siapkan 40.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19

Pemprov Bengkulu Siapkan 40.000 Paket Sembako untuk Warga Terdampak Covid-19
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. ( Foto: Pemprov Bengkulu )
Usmin / CAH Senin, 6 April 2020 | 17:23 WIB

Bengkulu, Beritasatu.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu, telah menyiapkan sebanyak 40.000 paket sembako untuk dibagikan kepada warga miskin terdampak langsung penyebaran virus corona (Covid-19). Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan dana pengadaan sembako ini bersumber dari APBD Pemprov Bengkulu. Pemprov Bengkulu telah mengalokasikan dana penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 35 miliar.

"Sekarang kita masih mempersiapkan data warga calon penerima bantuan sembako tersebut tersebut. Kita upaya warga Bengkulu yang terdampak langsung virus korona akan menerima bantuan sembako tersebut," kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah ketika meresmikan Posko Satgas BUMN Nasional wilayah Bengkulu, di Bengkulu, Senin (6/4/2020). 

Adapun dana sebesar Rp 35 mimliar selain dipergunakan untuk membeli alat pelindung diri (APD) petugas medis, masker, rapid test dan kegiatan lainnya yang terkait penangganan Covid-19 juga dipakai untuk membeli sebanyak 40.000 paket sembako bagi warga miskin dan terkena PHK.

Baca Juga9 Kabupaten di Bengkulu Masih Zona Hijau Covid-19

Data sementara warga miskin di Bengkulu, sebanyak sekitar 78.000 KK. Dari jumlah itu, 40.000 KK akan diatasi Pemprov Bengkulu. Sedangkan 38.000 KK lagi akan ditalangi oleh pemkab dan pemkot masing-masing.

Karena itu, Pemprov Bengkulu telah menyiapkan program jaring pengaman sosial berupa bantuan sembako kepada warga miskin yang terkena dampak wabah virus corona.

Baca JugaPemprov Bengkulu Tetapkan 3 RSU Rujukan Tangani Pasien Gejala Virus Corona

"Besarnya bantuan paket sembako kita sesuaikan dengan kondisi anggaran yang ada. Yang pasti, bantuan sembako yang kita berikan ini sedikit dapat meringankan beban warga yang tidak memiliki penghasikan akibat virus corona," ujarnya.

Ketika ditanya berapa lama bantuan sembako diberikan kepada warga terdampak virus korona, Gubernur Rohidin Mersyah mengatakan, akan melihat perkembangan kasus Covid-19 di daerah ini. Dia berharap semua pihak di Bengkulu bersatu padu untuk melawan virus corona



Sumber: BeritaSatu.com